Search This Blog

Saturday, July 16, 2011

Jeli Melihat Kesempatan

Tempatnya Adem
Ceritanya saya ada mengadakan kunjungan lapangan ke suatu tempat. Kebetulan ada dua agenda acara. Pertama kunjungan lapangan melihat hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh sebuah instansi dan agenda kedua adalah lebih kepada pembahasan substansi. Tempat kedua acara tentu saja berbeda.

Kebetulan acaranya dimulai pada hari Jumat. Hari Jumat kemarin, sesampainya kita di tempat kunjungan lapangan kita langsung disambut, panitia yang punya acara memaparkan apa yang menjadi tupoksinya dan apa yang menjadi produknya. Kegiatan pun dihentikan karena bagi laki-laki ada sholat Jumat, nah bagi yang perempuan bisa makan siang.

Setelah makan siang itu yang perempuan sholat zuhur yang laki-laki setelah selesai sholat Jumat langsung makan siang. Sholat itu tentu tidak lama khan? sesudah sholat itu kita masih punya waktu sebelum acara dilanjutkan kembali.

Saya lihat, dibagian terbuka itu mereka memajang beberapa produk hasil penelitian mereka. Semua orang tentu bisa melihat. Lalu saya ambil foto, meskipun tidak semuanya saya ambil, tapi minimal saya punya dokumentasi. Tadinya saya berpikir, nanti khan akan ada sesi "melihat-lihat" venue....jadi, nanti saja ambil gambarnya sekalian. Kemudian saya berpikir lagi, saya khan melewatinya mengapa tidak sekarang saja saya ambil foto sebagian. Dan saya pun akhirnya mendapatkan beberapa foto.

Acara dilanjutkan kembali. Setelah pemaparan selesai, tiba-tiba panitia  mengatakan seperti ini :

"Peserta yang akan melanjutkan acara  kedua boleh langsung menuju Bis satu, sementara bagi perserta yang tidak melanjutkan acara berikutnya kita akan meninnjau lapangan" 

Saya terkejut dan  sangat bersyukur sekali, bahwa saya tadi bisa memanfaatkan kesempatan dengan baik. Tidak perlu menyesal...............

Di dalam sebuah event, atau apa pun itu bentuknya, melihat dengan jeli dan menggunakan kesempatan sebaik-baiknya itu penting...........

No comments:

Post a Comment