Search This Blog

Friday, August 3, 2012

Ikut Rubrik Postcard Hasilnya untuk Portofolio

Hehehee, judulnya ya seperti yang dapat dibaca oleh teman-teman. Awalnya sih aku suka nulis blog, jepret-jepret meskipun tekniknya NOL. Tapi sudah gaya dengan kamera SLR, meski gak terlatih pakainya. Belajarnya pun otodidak awalnya. Ke sininya banyak diajari teman. Sebut saja Dani..yang ketemu pas waktu acara seren taun di Kasepuhan Sinar Resmi  banyak diberi masukan sama Dia. Bahkan kita pernah hunting foto bersama waktu ada acara Little Tokyo di Blok M. Itulah banyak sedikitnya aku tahu cara mengoperasikan si EOS 60 D ku meskipun masih pusing. Oh ya selain Dani ada juga Mbak Tri yang pernah memberi masukan soal teknik memotret.

Kalau untuk seminar pernah ikut, itu free seminar ya. Liputannya pernah aku tulis di sini. Tapi memang memotret itu harus banyak praktek ya..  Teori saja kalau tidak dipraktekan apalah guna maksudnya akan kurang maksimal pencapaiannya. Nah, bicara soal fotografi itu memang untuk sebagian orang ada yang merupakan profesi. Jadi banyak yang suka hunting foto dan dari hasil foto itu ada yang suka menjualnya menjadi pendapatan tersendiri. Dani pernah cerita soal itu padaku. Bahkan fotonya dia pernah dihargai lumayan besar lho nilainya. Dari ceritanya Dani itu aku terinspirasi. Mengapa tidak aku coba untuk kirim fotoku ke majalah. Jadi tidak hanya ngeblog saja tapi  aku pun dapat pengalaman lainnya.

Itu ceritanya.. Lanjut. Berhubung aku, suka pergi keluar kota dengan pesawat, maka  dari sinilah awal mula aku tertarik dengan isi majalah penerbangan itu. Sebut saja ada majalah Garuda. Aku senang sekali membaca misalnya cerita para traveler atau melihat fotonya yang bagus-bagus. Kalau untuk majalah Garuda ini suka aku bawa pulang ya. Soalnya memang diperbolehkan.

Nah, suatu ketika aku pergi tugas ke provinsi Bengkulu, kebetulan maskapai yang melayani rute Jakarta-Bengkulu adalah LION AIR. Mau tidak mau kita pakai itu pesawat. Nah, di dalam pesawat ini saya temukan sebuah majalah namanya LIONMAG. Aku buka-buka dan langsung tertarik dengan rubrik Postcard.  Pada rubrik ini isinya foto dan juga cerita tentang foto itu yang tidak terlalu panjang ada sekitar satu paragraf. Kebetulan di halaman atasnya itu dicantumkan penawaran. Penawaran itu berupa alamat email untuk siapa saja yang ingin mengirimkan foto. Wah aku tertarik untuk kirim foto ke alamat email tersebut, makanya pas pulang dari Bengkulu itu saya bawa majalahnya. Maaf ya saya ambil Majalahnya hehehee..

Aku cari foto yang bagus untuk dikirim ke Majalah LIONMAG. Putusan pun dijatuhkan pada sebuah foto Gunung Gamalama yang kuambil sewaktu tugas ke Ternate. Viewnya sudah bagus ya, jadi tidak usah banyak merekayasa hanya tinggal didukung kamera dan klik kontras maka hasilnya luar biasa. Setelah kukirim lewat email, tanggal 27 Juli 2012 aku mendapat telepon dari  LIONMAG. Katanya Fotoku mau dimuat untuk Malajah LIONMAG edisi Agustus. Perempuan yang diseberang telepon itu minta alamatku untuk dikirimi majalahnya, tapi dia katakan tidak ada fee. Ohhhhh... hehehehe...

Harapanku sih awalnya ada fee, buat nambah-nambah liburan akhir tahunku heheheh.. nyata tidak ada. Tapi itu tidak masalah, temanku Dani, bilang bagus dijadikan portofolio.. ya ya ya aku mengerti sekarang. Benar apa yang dikatakannya... Bayangkan saja di rute maskapai penerbangan itu ada fotoku hehehehehe... Baguslah untuk menambah semangat dan inspirasi.

Lalu, Hari ini, Jumat, aku mendapat kiriman yang isinya Majalah LIONMAG. Oh rupanya sudah terbit. Ini dia majalahnya edisi Agustus 2012 ...

LIONMAG edisi Agustus

Itu dia Cover depannya, saya dikirimi dua buah ya.. dan Ini dia Fotoku  di rubrik Postard.


Ini dia Gunung Gamalama

Dari foto di atas terlihat khan ada profile pictureku? Nah itu difoto sama temanku Nurul di halaman kantor hehehehe.. jadi fotonya temanku juga ikut  tampil, Thanks ya  :)

Dan kalau dinas ke luar kota itu sebisa mungkin dimanfaatkan secara optimal. Sudah jauh-jauh pergi kalau ada waktu luang berefreshinglah hehehee.... Hunting apalah itu...

Akhirnya dari semua yang aku lakukan ini hanya ingin bilang "My Life Has Just Begun"... yup... sepertinya aku baru mulai saja  bersenang-senang dengan hidupku...
Dulu juga menikmati, tapi maksudnya sekarang ingin lebih mengoptimalkan dari apa yang sudah dicapai dulu... yuk, mari kita mulai. Sekecil apapun karya kita, itu adalah bagian dari Portofolio kita :)



No comments:

Post a Comment