Search This Blog

Friday, May 16, 2014

Klik MyTelkomsel, Layanan Simple, Solusi Pengguna Gadget

Saya baru tahu ternyata Telkomsel mengeluarkan program baru bernama MyTelkomsel. Informasi mengenai ini saya dapatkan dari sebuah web ketika iseng mencari tahu ada informasi kompetisi blog apa saja sih di luar sana. Ternyata Layanan MyTelkomsel ini dilombakan. Bagi saya sendiri kalau moodnya lagi jenuh atau lagi ingin menulis sesuatu atau sebagai salah satu cara menguji kapabilitas kita menulis dan juga sebagai suatu tantangan maka biasanya saya cari Lomba blog seperti ini.

Setelah membaca beberapa persyaratan dan juga hadiah yang cukup menarik, akhirnya diputuskan untuk ikut serta dalam lomba ini. Beberapa langkah yang saya tempuh untuk lomba ini:

Cek Fasilitas HP
Dilihat dari fasilitas dan Tipe HP yang saya pakai (Galaxy Note 2), bisalah menginstall MyTelkomsel. Caranya tinggal masuk ke Menu Play Store. Nanti Search saja dengan cara mengetikan kata MyTelkomsel. Maka akan keluar program apa yang saya cari, terakhir installah program itu. Jadi, untuk mengingstallnya tidak perlu Cek Pulsa karena memang tidak butuh pulsa. Ini semua Free.

Pelajari Layanan  MyTelkomsel 
Setelah berhasil menginstall di Handphone, saya pelajari layanan yang ada di MyTelkomsel. Seperti inilah rupanya layanannya itu:

1. HOME 
HOME
Di layanan Home ini kita dapat melihat tampilan informasi mengenai No HP kita yang terletak di sudut kanan atas.  Ada juga Informasi mengenai sisa pulsa dan juga masa aktif kartu simpati kita. Kemudian kita juga bisa melihat Paket Internet yang memuat informasi tentang Paket Aktif. Saya khan berlangganan Paket Internet Ultima jadi di Layanan Paket Aktif  akan muncul ULTIMA. Selain itu, ada juga informasi tentang masa aktif Paket Internet yang kita beli.

2. Layanan PAKET
    Di layanan paket atau package ada beberapa fitur yaitu:

Layanan Paket

  • Penawaran Khusus Paket Internet:  mulai dari 60.000, 100.000., 150.000, sampai 300.000, dengan masa aktif tiga puluh hari dengan quota yang berbeda.
  • Paket Flash : ada paket Bundling Ipad, promo MyTelkomsel, paket Ultima, Optima, paket Turbo, paket Opera Mini, paket Modem, paket Nokia Asha, paket Nokia Lumia, paket Iphone Ultimate, paket Samsung Chat & Share, paket Full Galaxy Plan dan paket Nokia Express.
  • Paket Blackberry : ada paket Business, Full Bis, Lifestye, Extreme, Sosialita dan OS 10.
  • Paket MMS : mulai dari Rp. 5000, per hari/unlimited.
  • Paket Roaming : ada promo Paket Haji, Eropa, Amerika dan Asia - Timur Tengah.
  • Paket SMS : mulai dari nominal Rp. 2000, sampai dengan Rp. 2500, per hari.
  • Paket Bicara : Ada paket nelpon murah Rp. 5000/hari, Talkmania Jumbo, Talkmania Super dikotam (Bali, NTB, NTT, Belitung, Besukur, Madura dan Pantura).
  • Paket VAS : untuk social networking FB dan SNC.
  • Transfer Pulsa: Nah untuk layanan Transfer Pulsa ini saya pernah coba untuk mentransfer pulsa ke No operator lain ternyata tidak bisa. Transfer Pulsa hanya melayani ke pengguna kartu prabayar Telkomsel. Tapi Saya sharing saja ya, untuk Transfer Pulsa, tersedia dari nilai nominal Rp. 5.000 - Rp. 200.000,-  Cara untuk melakukan Transfer Pulsa yaitu dengan memasukan nomor Hp tujuan --> pilih nilai nominal yang akan di transfer dari Rp. 5.000 - Rp. 200.000, --> lalu submit dan nanti diminta memasukan Kode lalu Submit lagi .... Seperti itu kira - kira.
3. Layanan Fitur
    Layanan yang ada di dalam Fitur antara lain:
  • Isi ulang pulsa : caranya dengan memasukan no kode voucher.
  • Transfer Pulsa : melayani transfer pulsa ke sesama pengguna kartu Prabayar Telkomsel.
  • Transfer Quota : dari 100 MB/hari/Rp.1000, dan 1 GB/30 hari/Rp. 10.000.
  • Flash Gift : untuk memakai layanan ini kita tinggal memasukan no tujuan.
  • Multi SIM Control : merupakan layanan akses ke beberapa Simcard dengan satu master Simcard.
  • Rekomendasi Paket Data : lewat layanan ini kita bisa mengukur atau membuat estimasi penggunaan dari terima email/kirim email, web pages viewed, photos uploaded/downloaded, audio/music downloaded, audio streaming dan video streaming sesuai dengan Paket Internet yang ditawarkan dari Telkomsel.
  • Bayar Tagihan Kartu Halo
  • Aplikasi Menarik lainnya: ada Telkomsel Mobi, Telkomsel Ibadah, Telkomsel Roaming, Skype On Telkomsel, Usee TV (aplikasi mobil TV yang menyediakan puluhan Film Blockbuster dengan harga terjangkau beserta dengan puluhan siaran TV dan Radio lokal yang dapat diakses secara gratis dari mana saja dan kapan saja), Yoonic dan Pic Mix (aplikasi foto).
4. Layanan Pelanggan 
    Di dalam layanan pelanggan menyediakan :
  • Informasi mengenai GRAPARI terdekat: Informasi mengenai GRAPARI ini sangat saya butuhkan. Pengalaman dulu sewaktu kuliah, pernah ganti SIMCARD karena HP saya hilang dan hal pertama yang harus saya lakukan adalah mencari GRAPARI Telkomsel karena hanya di GRAPARIlah saya bisa mendapatkan SIMCARD baru dengan nomor yang sama.  Dan ketika saya coba cari Informasi lokasi GRAPARI di Jakarta Selatan yang dekat dengan tempat tinggal saya didapatlah Informasi ini.  JAKARTA SELATAN GANDARIA - Gandaria Mall Lantai 1 Unit 137 - 141 Jl. KH. Syafii Hazami No. 8 Jakarta Selatan.
  • Pengaduan :Kita bisa mengajukan pengaduan misalnya keluhan tentang fitur, jaringanm, penipuan dan lainnya. kita juga bisa mengecek status pengaduan.
  • Deaktivasi Layanan Content
  • Ganti Pin Telkomsel Care Online
5. Telkomsel Point 
    Di dalam layanan Telkomsel Point kita ada beberapa Informasi tentang:
  • Cek Status Telkomsel Poin; setelah saya check, ternyata point Telkomsel saya adalah 120 point. Bagaimana dengan teman - teman ?
  • Shopping and Dining : Pada layanan ini kita bisa menukar point Telkomsel dengan voucher makan, belanja atau barang.
  • Telco and Digital:  Nah, di sini ternyata ada Program Undian Telkomsel  dalam rangka "Semarak 19 tahun ulang Tahun Telkomsel" periodenya 5 Mei - 30 Juni 2014. Untuk mendapatkan kupon undian ini teman - teman hanya perlu menukarkan 10 Point Telkomsel. Selain itu, kita juga bisa menukar Point dengan NSP (Nada Sambung Pribadi) atau menukarnya dengan Paket Talkmania Reguler Malam, Paket Talk Mania Reguler Siang, Paket Weekly Talkmania Siang, dan Internet Mania Ultima (Flash).
  • Sports: Untuk layanan ini kita bisa menukarkan point Telkomsel dengan Jersey Bola atau Scarf dan lainnya.
  • Entertainment: Untuk kaula muda ini ada informasi menarik, kita dapat menukarkan 300 point Telkomsel untuk nonton gratis setiap Jumat di 30 Bioskop XXI/21 & Blitzmegaplex Se-Indonesia. Bisa juga ditukarkan untuk mendapatkan tiket masuk gratis ke Dufan dan Atlantis. Serta masih banyak tawaran menarik lainnya. 
  • Travel:  
Saya salut sama marketing waynya Telkomsel. Salah satunya layanan Travel. Setelah saya baca ternyata Telkomsel sudah bekerja sama dengan Pogram Garuda Indonesia. Saya sangat tertarik dengan program ini karena sebagai salah satu anggota GFF yang baru - baru ini menikmati meredeem Point GFF. Jikalau kita menukar point telkomsel kita ini berarti dapat tambahan point Garuda Miles. Ini berarti Point GFF kita bisa bertambah pula. Berdasarkan informasi layanan Travel ini, kita bisa menukarkan setiap 770 point Telkomsel untuk 500 Garuda Miles.

Tukarkan Telkomsel Poin dengan Garuda Miles




Layanan Travel selain menawarkan Redeem GarudaMiles, juga memberikan penawaran harga promo menginap di The BnB Jakarta Kelapa Gading (Hotel Urban). Caranya hanya dengan menukarkan 20 point Telkosmel.


6.  Koneksi saya
7. Promo dan Notifikasi: Layanan ini isinya pemberitahuan sisa quota Paket Internet.

Pengalaman Memanfaatkan Layanan MyTelkomsel:
Membeli Paket Internet Ultima 
Untuk lebih mengenal layanan MyTelkomsel  yang telah didownload di HP maka saya coba membeli Paket Internet Ultima lewat MyTelkomsel. Hal pertama yang saya lakukan adalah masuk ke dalam layanan Paket. Kemudian memilih paket Flash --> pilih paket Ultima --> saya pilih paket Rp. 100.000 masa aktif 30 hari dengan kuota 5 GB --> pilih Beli --> lalu nanti masukan no kode yang muncul dilayar dan setelah berhasil akan ada pemberitahuan seperti ini:

Pemberitahuan Ketika berhasil membeli paket internet Ultima
Layanan Paket Internet ini memang sangat membantu sekali saya. Karena saya suka lupa dengan kode  bintang - angka - pagar. Biasanya kalau mau isi ulang Paket Internet saya harus buka Inbok dulu dan melihat di SMS masuk dari TELKOMSEL yang isinya seperti ini.

Inbok Masuk dari TELKOMSEL

Yup, karena dari SMS TELKOMSEL ini saya dapat informasi bagaimana caranya isi ulang paket Flash. Yaitu dengan mengetik *363#.

Topik Pembicaraan di Group WA, LINE dan PATH
Yup, Program MyTelkomsel ini bisa dijadikan topik pembicaraan di group WA, LINE dan PATH. Menarik bukan? dan itu yang saya lakukan. Pertama kali saya upload Screenshoot layanan MyTelkomsel ke Path. Seorang teman saya, Erwin langsung berkomentar katanya sudah lama Telkomsel mengeluarkan MyTelkomsel. Oke, itu satu orang yang berkomentar dan bagaimana dengan yang lainnya? Setelah saya upload ke WA (Whatsapp) kebanyakan teman - teman belum tahu apa itu MyTelkomsel. Tapi sewaktu saya promosikan penawaran dari telkomsel berupa penukaran Point Telkomsel ke diskon tiket masuk Kampung Gajah Wonderland, teman - teman saya banyak yang tahu tempat rekreasi itu. Maklum karena teman - teman di Group WA adalah orang Bandung.

Intinya dari apa yang saya bicarakan ini adalah kita dapat mengukur seberapa jauh masyarakat atau anak muda mengenal, mengetahui atau telah mendonwload Program atau layanan MyTelkomsel lewat Group WA, LINE atau PATH.

Tetap Eksis di Media Sosial (MEDSOS) dan Up To Date
Yup, dengan adanya layanan MyTelkomsel ini sudah sangat membantu pengguna gadget untuk tetap eksis di media sosial dan up to date. Saya yakin teman - teman yang sehari - hari tidak dapat lepas dari gadget pasti tidak akan membiarkan Paket Internet setelah habis quotanya tidak diisi kembali. Pastinya akan segera diisi kalau paketnya sudah habis. Nah, untuk mengisi kembali dan untuk tetap eksis dan up to date , MyTelkomsel adalah jawabannya.

Check Out this Video 
Untuk  lebih jelasnya teman -teman dapat melihat Video ini.





Kesimpulan
Dengan adanya MyTelkomsel maka melakukan isi ulang pulsa maupun Cek pulsa pun dapat dilakukan dengan simple. Tinggal klik MyTelkomsel lewat Gadget kita. Jadi, tidak perlu panik dan repot kalau kita lupa dengan  kode - kode angka dan memang benar - benar solusi untuk Pengguna Gadget. Ya, gadget terutama Handphone adalah suatu alat dimana kita bisa akses internet dan mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan dengan cepat hanya dalam genggaman tangan.

Untuk Diperhatikan 
Di dalam mengakses layanan MyTelkomsel perlu diperhatikan, yaitu untuk akses ke MyTelkomsel melalui jaringan Non- Telkomsel (ex: Wifi, non Telkomsel Card) kita diminta untuk memasukan Nomor Hp kita dan juga Passwornya. Maka dari itu kita harus minta token untuk diisi ke kolom Password. Caranya dengan mengetik *323#. Setelah itu, kita akan mendapat sms masuk yang berisi token. Nah token ini terdiri dari 4 (empat) kombinasi angka dan  huruf. Segera setelah mendapatkan sms yang berisi token ini untuk dipakai. Karena token ini tidak berlaku setelah digunakan untuk transaksi atau jika tidak digunakan dalam waktu 1 (satu) jam (berlaku untuk satu kali pemakaian).

Menurut saya ide Telkomsel untuk tidak memberikan Password permanen bagus. Karena kita biasanya suka lupa dan kalau sudah lupa jadi repot. Pemberian password untuk sekali pemakaian itu merupakan Ide yang tepat. 
 
NB: Apa yang saya tulis di sini akan lebih mudah untuk dipahami dan dipraktekan apabila kita khususnya pengguna Telkomsel segera mendownload layanan MyTelkomsel. Segera ya install ... Jangan Lupa. Thanks.

No comments:

Post a Comment