Search This Blog

Sunday, December 9, 2012

Ulo-Ulo, Bisakah Memainkannya Kawan?

Yup, cerita ini masih sisa dari Gelar Pameran Museum Nusantara beberapa waktu yang lalu di JCC.
Pada kesempatan ini saya hendak mengenalkan sebuah permainan yang bernama ULO-ULO.
Kenalkah teman-teman dengan permainan tradisional ini?

Ulo-Ulo
Nah, Ulo-Ulo ini merupakan sebuah permainan yang berasal dari Kabupaten 50 Kota, Provinsi Sumatera Barat. Unik ya nama kabupatennya, tapi memang seperti itu adanya.Ulo-Ulo ini terbuat dari Kayu, tapi jenis kayunya apa, lupa tanya. Sepertinya, kayu apa pun bisa dijadikan Ulo-ulo.

Seperti terlihat pada gambar di atas, Ulo-Ulo ini diberi benang sehingga terbagi menjadi dua bagian, yaitu sebelah kiri dan kanan. Bagian ulo-ulo yang bulat itu berjumlah lima buah, tapi dari ke lima buah ulo-ulo yang bulat itu tidak berada dalam satu benang yang sama. Dan, tantangan dalam permainan Ulo-Ulo ini adalah bagaimana caranya memindahkan Ulo-ulo yang bulat ke benang yang satunya lagi. Terserah mau ke kanan atau ke kiri. Intinya harus bisa mindahin ulo-ulo kebagian yang lain.

Kira-kira, teman-teman bisa tidak memainkannya?
Kalau dilihat dari gambarnya khan mustahil ya. Tapi kalau permainan itu sudah diciptakan, berarti memang Ulo-ulo yang bulat itu bisa dipindahkan.

Saya tidak hendak mengatakan bagaimana caranya. Dikarenakan itu adalah tugasnya teman-teman untuk mencari tahu. Jadi, kalau teman-teman nanti pergi ke tempat asalnya, atau menemukan di tempat yang lain, silahkan mencobanya. Seruu kok :) 

No comments:

Post a Comment