Search This Blog

Friday, February 15, 2013

Hasil Jepretan Thaipusam di Batu Cave

Di postingan terdahulu ada janji untuk memperlihatkan beberapa hasil jepretan Festival Thaipusam di Batu Cave, Malaysia. Tapi sebelumnya mau bilang bahwa mengenai Thaipusam ini saya tidak mendapatkan informasi yang detail. Kenapa? Saya sudah tanya pada orang yang merayakan Thaipusam langsung, mereka juga diantaranya ada yang kurang tahu. Waktu ada orang yang bisa menjelaskan dalam bahasa Melayu, saya kurang  bisa ngeblend dan meskipun dapat informasi ketika dicek di Web malah beda.

Jadi, intinya seperti ini saja, Thaipusam itu merupakan festival Hindu dan biasanya dilakukan pada bulan purnama oleh komunitas tamil. Salah satu Dewa yang disembah dalam perayaan ini adalah Murugan yang direpresentasikan sebagai Dewa Penghancur kejahatan. Pelaksanaan Thaipusam sendiri dilakukan seperti pawai menuju Batu Cave. Ada yang membawa Kavadi dan juga susu. Katanya kalau ada orang yang membawa Kavadi itu sebagai simbol bahwa dia dosanya besar. Jadi dengan membawa Kavadi akan terampuni dosanya. Kira-kira seperti itu. (Maaf kalau ada yang kurang tepat)... 

Seperti itulah intinya dan Ini dia beberapa hasil jepretannya.

Menaiki Batu Cave

Nah, kalau sudah di dalam Batu Cave kita dapat melihat salah satunya orang - orang yang minta berkati. Kurang lebih seperti itu.
Di dalam Batu Cave
Next ....

Pada Foto kanan bawah terlihat sedang dilakukan proses pencabutan besi yang menancap di bagian belakang
Let's see this ...
Foto paling bawah terlihat peserta yang sedang makan jeruk nipis
 Jeruk ini fungsinya seperti untuk menyegarkan mood.

Bagian belakang yang ditancapi dengan lonceng

Ada juga yang ditancapi dengan buah-buahan.

Buah-buahan pun dijadikan alat
Ada juga monyet. Seru jadinya ....


Ada siapa? 
Nah, foto-foto itu ada yang diambil dengan teknik manual atau automatis. Kenapa Automatis?
Hal ini disebabkan beberapa alasan. Misalnya karena keterbatasan lensa yang dibawa sehingga tidak dapat menangkap moment dengan lebih baik. Selain itu, gelapnya tempat  acara dan tidak adanya lampu flash yang menyebabkan terpaksa menyetel kamera pakai automatis. Sehingga kita tidak akan kehilangan moment.

No comments:

Post a Comment