Search This Blog

Thursday, March 13, 2014

Indahnya Pulau Maratua

Akhirnya, satu lagi kesempatan yang saya dapatkan ketika ikut Kunjungan Kerja bersama Komisi V DPR RI dan para Mitra Kerja ke Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yaitu melihat indahnya Pulau Maratua. Kunjungan Kerja (Kunker) tersebut dilaksanakan pada tanggal 26 - 28 Februari 2014 kemarin.  Banyak lokasi yang menjadi tujuan kunjungan, tapi tujuan ke Pulau Maratua adalah peninjauan pembangunan bandara Maratua oleh Kementerian Perhubungan. Jadi, kalau bandara ini sudah rampung, kita tidak perlu dua kali naik Pesawat.

Seperti inilah Pulau Maratua.


Menepi di sebelah sini
Kapal yang membawa rombongan Kunker berhernti tepat di Samping Maratua Paradise Resort. Tempat ini menyediakan beberapa buah kamar dengan tarif per malam sekitar Rp. 750.000,-

Jernih

Ketika Jakarta cuacanya mendung, saya menikmati indahnya Maratua.
What a beautiful day

Di Maratua Paradise Resort

At Maratua Paradise Resort

Menikmati Pemandangan sambil duduk dikursi istimewa
Duduk dan Nikmati Indahnya Maratua


Putihnya Pasir Pantai Maratua



Putihnya Pasir Maratua

Beberapa Kamar di Maratua Paradise Resort
Vila-vila di Maratua
Nyiur Melambai
Nyiur Melambai di Maratua
 Gerbang Mengarah ke Kampung
Mengarah Ke Kampung

Kalau sudah sampai ke Maratua, seharusnya dilanjut ke Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Sangalaki sampai Labuan Cermin. Sebenarnya lokasi pulau tersebut dekat. Seperti kalau ke Derawan dari Pulau Maratua hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Tapi sayang karena waktunya kurang kita tidak jadi menyeberang ke sana.

Oh ya sebagai tambahan Informasi, kata teman saya dari Pemda Berau, di Pulau Kakaban kita bisa berenang bareng ubur-ubur. Katanya di Dunia ini hanya ada dua danau yang isinya ubur-ubur yang jinak.  Negara itu adalah Indonesia di Kakaban dan Negara Palau.

Sebenarnya saya sudah tahu ketika Mbak itu menceritakannya. Dari buku Trinity "Naked Traveler" lah saya mendapatkan informasi hal tersebut. Duh, jadi ingin berenang bareng ubur-ubur jinak.

Bagaimana Caranya Ke Pulau Maratua ?
  1. Ambil penerbangan dari Jakarta ke Berau Via Balikpapan. Sewaktu saya ke sana, naik Garuda dan dari Balikpapan pindah pesawat (masih Garuda) tapi kapasitasnya kecil. 
  2. Balikpapan (Bandara Sepinggan) - Berau (Bandara Tanjung Redeb) ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. 
  3. Di Berau sebaiknya kita menginap dulu, Hotelnya ada Hotel Bumi Segah dan Hotel Derawan Indah. Hotel yang paling bagus di Berau adalah Hotel Bumi Segah. Pemandangannya mengarah ke Sungai Segah.  Kalau senja, pemandangannya indah sekali.
  4. Baru pada hari berikutnya kita menyeberang ke Pulau Maratua pakai kapal. Sekirar 3 jam perjalanan. Sewaktu sama rombongan, kami langsung menepi di Maratua Paradise Resort.
 Pemandangan Senja dari Hotel Bumi Segah
Senja dari Jendela Hotel Bumi Segah menghadap ke Sungai Segah

Itulah keindahan Pulau Maratua, tapi sayang katanya Pulau ini dimiliki oleh orang Malaysia bukan kita.

NB: Kalau teman-teman masih punya waktu di Berau cobalah untuk mengunjungi Bangunan bekas Istana Sambaliung di sana dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment