Search This Blog

Saturday, August 6, 2011

Ipod dan Angklung "TRA-DIGI"

Masih ada besok ya

Begini ceritanya, saya tahu bahwa di JCC itu ada Pameran Kridaya  dari Koran. Berita di koran itu mengatakan Pameran yang dimaksud dibuka oleh Ibu Negara.
Intinya berita yang dimuat di koran itu tidak panjang lebar. Tapi satu point yang membuat saya fokus dan penasaran adalah tentang Angklung.

Disebutkan bahwa ada pameran angklung sunda yang dapat digerakkan dengan Ipod. Saya ulangi lagi ya, digerakkan dengan Ipod. Penasarankan?
Alhasil setelah les saya langsung menuju lokasi. Turun di Halte Busway Gelora Bung Karno menuju JCC, Jakarta Convention Center.

Dari pintu gerbang ke gedung JCC ada kurang lebih 1 KM.. hmmm tapi memang niatnya untuk ngabuburit jadi ya semangat juga jalan kakinya. Meskipun pada akhirnya pulang naik ojek hanya sampai pintu gerbang disambung dengan Busway dan Bajaj.

Lanjut ceritanya ya..
Setelah sampai di JCC, ternyata ya memang ada angklungnya.

Angklung Udjo yang disulap menjadi Tra-Digi Angklung

 Nah, setelah melihat langsung angklungnya saya lalu bertanya kepada petugas penjaganya.

Saya : Mbak katanya ada angklung yang bisa  digerakkan dengan IPod?

Petugas : Iya, ini angklungnya.

(Tak berapa lama petugas itu memutar Ipod dan Angklung pun bergerak sendiri oleh karena itu namanya menjadi Tra-Digi Angklung)

Saya : Hm ini tangga nadanya apa ya mbak? Pentatonis atau diatonis?

Petugas: Mbak rupanya tahu sekali angklung ya, saya tidak tahu kalau soal itu, Mbaknya bisa tanya ke petugas di sana ...

Saya: Enggak, saya dulu pernah dapat informasi bahwa angklung juga selain bisa dimainkan di Tangga Nada DA, MI, NA, TI, LA, DA, bisa juga dimainkan di DO, RE, MI, FA, SO, LA, SI, DO.

(Angklung itu membawakan lagu ciptaan SBY, lalu saya request Bengawan Solo dan petugas pun memutarnya, selain Itu diputar juga lagunya ABBA, I have a Dream)

Saya: Mbak ini angklungnya darimana?

Petugas : Oh ini angklungnya dari Saung Udjo

(mendengar Saung Udjo, pikiranku langsung mengenangkan masa lalu, waktu masih kuliah main di Saung Angklung Udjo, karena memang ada tugas bareng Anggit, Maya Icha dan teman-teman yang lain)

Saya : Oh jadi angklungnya dari Saung Udjo ya, berarti Angklung Sunda, lalu siapa yang memodifikasinya dengan IPod?

Petugas : Oh itu, Tim Yogya..

Sayab : Angklung ini dijual ya mbak?

Petugas : Iya, dijual,  harganya delapan puluh delapan juta Plus IPod..

Nah, teman-teman bagaimana? tertarik tidak untuk membelinya atau datang ke pamerannya. Besok hari terakhir. 

Saya Ulangi lagi ya, angklung yang dimainkan dengan Ipod ini namanya "TRA-DIGI" Angklung ya... semuanya ada 28 Angklung...

Oh ya, ngomong-ngomong soal Saung Angklung Udjo, dulu seperti yang saya katakan di awal, saya dan beberapa orang teman ke Saung Udjo, dan menikmati suguhan permainan angklung... memang Saung Udjo ini memiliki paket pertunjukkan yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Dulu gratis ya.  Biasanya dilangsungkan sesuai dengan jadwal, ada sore hari atau siang... selain itu, kita pun bisa melihat cara pembuatan angklungnya.

Pihak Udjo, memang benar-benar melestarikan budaya. Mereka memberdayakan generasi muda yang ada di lingkungannya untuk belajar angklung bahkan  mereka telah tampil di luar negeri. Menikmati pertunjukkan di Saung Angklung Udjo, kita pun diakhir acara diajak untuk bermain Angklung. Setiap peserta diberikan angklung satu-satu lalu kita membawakan lagu salah satunya "Burung Kakak Tua" pakai tangga nada Diatonis ya.... dan setiap angklung itu memiliki nada yang berbeda-beda, Ada yang DO, RE, MI, FA, dst... jadi setiap orang tidak akan persis sama. Kita waktu itu dibedakan berdasarkan kelompok. Misalnya kelompok kanan memainkan angklung dengan nada DO dan RE ..... sedangkan kelompok yang sebelah kiri memainkan angklung dengan nada MI, FA dst.. seru pokoknya... setelah selesai angklung itu dibalikan lagi ya...

Itu sekilas cerita tentang Saung Udjo dan Angklungnya...

Kita balik lagi ke pameran.
Jadi, ya selain pameran angklung ada juga pameran batik, keris, perhiasan dari mutiara dan pernak-pernik pewayangan.
Yang membuat saya terkejut adalah bertemu dengan Ida Royani...

Ada Ida Royani
Tuh, lihat khan ada Ida Royani?
Saya pertama kali tidak ngeh dan asyik tawar menawar dengan petugasnya... maksudnya tanya-tanya saja sih.. saya suka brosnya... bahannya dari tembaga ya kalau tidak salah....tapi sayang mahal. ..... bros yang kecil saja harganya Rp. 175.000,-
Saya pikir lagi sayang kalau membeli bros seharga itu, sedangkan saya mesti nabung buat lebaran xixixixi... padahal sesungguhnya suka, gak bisa ditawar sih susah... bisa kalau dipaksakan beli tapi kita harus bisa mengerem..

Lihat Ida Royani, cantik sekali lho aslinya... benarlah apa yang dikatakan rekan saya, usia sudah lanjut tapi masih tetap cantik.. apakah memang dia bahagia dengan hidupnya?
Katanya sih, kalau bahagia dengan hidup kita sendiri, bisa bikin awet muda.. hehehehe ....

Jadi, teman-teman datanglah ke JCC sambil ngabuburit atau menunggu waktu berbuka.... coba cari  barang yang teman-teman butuhkan di sana tapi ya hati-hati saja ya dengan pengeluarannya, mau sekedar lihat-lihat saja juga asyik kok :)


No comments:

Post a Comment