Search This Blog

Wednesday, February 1, 2012

Taman Sari Gua Sunyaragi Tamannya Keraton Cirebon

Baiklah teman-teman saya mau lanjutin sisa cerita waktu Melancong bareng Abah Alwi dan Republika ke Cirebon. Pokoknya masih ada kurang lebih dua cerita lagi (termasuk yang ini) yang akan saya share.  Terpotong memang dengan postingan sebelumnya (Melancong ke Istana Cipanas, Bogor dan Kampung Arab). Akh yang terpenting ceritanya dituntaskan ya.

Nah waktu itu, setelah melancong ke Keraton Kasepuhan kita lanjut ke Taman Sari Gua Sunyaragi. Pertama kali mendengarnya aneh, sebuah "Gua" gitu di benak saya.  Sesampainya di lokasi, jalan masuknya pun kecil tapi setelah ke belakang tempatnya luas dan Oh terkejut saya dibuatnya ternyata di Cirebon itu ada cagar budaya yang tidak pernah saya tahu sebelumnya.


Plang
Nah, Plang ini bisa kita lihat ketika memasuki kompleks Gua Sunyaragi. Seperti apa sih persisnya Taman Sari Gua Sunyaragi?
Kita bisa melihatnya melalui Gambar-gambar  berikut ini.

Bagian Taman yang mengarah ke jalan
Lalu,

Ada Gua-Gua dari Batu Karang
Lalu,

Ada patung gajah
Lalu,

Ada tempat seperti ini
Nah, bagian sebagaimana tampak itu dulu dibawahnya adalah danau. Jadi terlihat mengambang. Namun sekarang kering dand berumput.
 
Ada Gua-Gua

Ya, kalau menurut guide kami sih katanya Taman Sari Gua Sunyaragi ini terbagi dua. Ada bagian yang dibangun pada tahun 1536 dan itu bahannya dari Batu karang lalu pada bagian yang lain dibuat sekitar tahun 1700. Jadi sudah berusia kurang lebih 200 tahun. Dan kalau kita lihat, gaya pada bebatuan itu ada yang bermotif mega mendung dan juga ada patung gajah yang berarti ada pengaruh budaya hindu. Dan Taman Sari Gua Sunyaragi ini dulunya merupakan Taman Keraton dan salah satu fungsinya biasanya dipakai untuk meditasi Raja atau bahasa gaulnya tempat nongkrong raja ya :)


Kalau melihat bebatuan itu, terlintas dibenak saya sepertinya tempat ini bagus juga untuk foto prewedding.Ya, barangkali teman-teman berminat, jadi saya share infonya.
Ah saya baru tahu di Cirebon itu ada spot seperti itu.

Bagaimana dengan teman-teman, sudahkah pergi ke Taman Sari Gua Sunyaragi? 

No comments:

Post a Comment