Search This Blog

Monday, November 26, 2012

Ada Industri Rumah Tangga Apa Di Tangerang?

Hallooo Selamat Pagi ...

Oke, di pagi hari ini saya hendak berbagi cerita sewaktu hari Kamis kemarin ikut bersama rombongan Ibu-Ibu Dharma Wanita dari Kantor berkunjung ke Pabrik yang ada di Tangerang. Ya ampun teman-teman, melihat gerak-geriknya para Ibu Dharma Wanita (DWP) ini jadi semakin tahu kalau saya itu Kuper alias kurang pergaulan.

Mana saya tahu ya, ada Sepatu bermerek Apple Green, Aris, lalu di Kedaung itu ada pabrik porcelain dan juga ada pabrik pembuatan perabotan rumah tangga. Semua itu saya tahu dari mereka.
Apa sih tujuan dari Para Ibu Dharma Wanita berkunjung ke Pabrik-pabrik tersebut?
Ya, jawabannya adalah untuk  meningkatkan wawasan Ibu Dharma Wanita mengenai produk lokal atau dalam mengeri, mencintai dan menggalakan produk dalam negeri dan sebagai salah satu program dari DWP itu sendiri ya.

Dan tempat yang kita kunjungi pertama adalah Parbrik sepatu Apple Green.
Di PT. Kreasi Polart Asri

Ya, nama perusahaannya sendiri adalah PT. Kreasi Polart Asri. Dialah yang memproduksi sepatu dengan merek Apple Green. Teman-teman sudah pada punya sepatunya?
Inilah Apple Green
Di sini, tidak ada sepatu yang saya beli. Hanya sepintas saja melihat sepatu-sepatu yang disiplay itu. Bagus sih modelnya. Sesuailah dengan harga. Yang terbuat dari kulit asli harganya standar sekitar Rp. 700.000,-   Wah, berpikir dua kali beli itu sepatu. Masalahnya dompetnya lagi kosong. Tapi harga yang dibawah itu juga ada ya.
Modelnya
 Nah, itu tadi contoh model sepatunya. Kalau teman-teman mau mencari sepatu Apple Green ini langsung saja ke Blok M Square, Sarinah dan Pasaraya. Itu diantaranya. 

Kunjungan dilanjutkan ke Aris Shoes.

Melihat lebih dekat
Harga sepatu di Aries Shoes ini lebih terjangkau. Cocoklah untuk serep. Saya pun beli. Pesan sih, karena nomor 36  tidak ada. Bahannya dari Kulit kambing katanya dan ada juga bahan sintetisnya.

Sepatu Model Aris
Nah, itu model sepatu yang dibuat Aris. Teman-teman bisa memilih sendiri, lebih menyukai model yang mana.

Setelah dua kunjungan itu, kita pun beristirahat makan siang dulu. Lalu kunjungan di lanjutkan ke Pabrik Porcelain. Ini nama perusahaannya.

PT. Kedaung Oriental Porcelain Industry

PT. Kedaung Oriental Porcelain Industry, itu namanya. Kalau teman-teman nanti membeli Mug, Piring atau sejenisnya lalu ada Cap "KOPIN" itu berarti buatan Kedaung ini.

Mari kita lihat Produk yang dibuat Kedaung ini.
Produk Kedaung
 dan .....
Produk Kedaung
dan

Produk Kedaung
Di pabrik Kedaung ini, mereka melayani pembelian personal. Maksudnya mereka melayani pesanan sesuai keinginan pelanggan. Misalnya kita ingin membuat Mug dengan model sendiri itu bisa. Tapi sayangnya ketika rombongan ada yang ingin beli, mereka membatasi pembelian. Barang-barang yang boleh dijual tertentu saja. Sepintas kita mikirnya, mereka itu butuh duit gak ya gitu khan. Ternyata hasil dari perabaanku sendiri mengatakan pembatasan itu sendiri dikarenakan untuk stock bagi pengunjung yang lainnya. Saya melihatnya ketika rombongan kami ke luar dari Kedaung ada bis Pariwisata yang melaju ke arah Kedaung.

Di sini gak berbelanja. Sebenarnya ingin beli hiasan untuk dinding, tapi berhubung rumahnya belum ada, makanya gak usahlah... Oh ya, Produk Kedaung ini ada yang diekspor diantaranya ke Meksiko, Yunani dan Mesir. Jadi, beware kalau kita berkunjung ke Negara tersebut :)

Terakhir, rombongan mengunjungi PT. Supra Teratai Metal. Di sini kita bisa melihat produk alat masak.
Wajan 
 dan ...
Aneka Panci
Itulah ke Empat Produk dan tempat yang kita kunjungi. Berkunjung ke Pabrik seperti itu memang kita harus dapat berpikir efiisen dan efektif. Maksudnya belanjanya itu disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Anggota Para Dharma Wanita pun tidak semuanya berbelanja. Ada yang tidak beli sama sekali. Itu dikarenakan sebagian dari mereka ada yang sudah memiliki barang itu. Intinya mereka ikut kunjungan lapangan untuk mengetahui dan melihat bahwa di Tangerang itu, ada Home Industry seperti yang diceritakan itu. 

Untuk teman-teman sendiri adakah home industry lain yang diketahui selain perusahaan yang disebutkan tadi?

No comments:

Post a Comment