Search This Blog

Thursday, November 29, 2012

Kalau Kuota Gratis Menyimpan Foto Habis

Saya mulai aktif di blogger alias blogspot ini ya sejak tahun 2010. Banyak Postingan yang pakai foto. Tanpa Foto, rasanya kurang menarik. Pembaca butuh yang namanya visual. Kata-kata dapatlah membuat kita berimajinasi tapi akan sangat dikuatkan dan lebih menarik jadinya kalau terdapat foto.
Nah, ceritanya Minggu kemarin itu, mau posting blog tepatnya mau upload foto. Tapi apa yang terjadi kemudian adalah adanya peringatan yang mengatakan kuota gratis untuk menyimpan foto saya di Blogspot telah habis. Seperti ini pengumumannya :

Peringatan Quota gratis sudah habis
Yup, dapat dilihat dari keterangan di atas "Wah! Ruang penyimpanan Anda habis. Saat ini Anda telah menggunakan 100% dari kuota 1 GB untuk Foto".

Intinya fanik saat itu. Tapi katanya lagi kita bisa meningkatkan ruang penyimpanan. Nah waktu ku klik linknya apa yang terjadi? Beli! ya, saya harus beli.
Pilihan untuk membeli itu yang paling rendah kuotanya adalah 25GB perbulan, bayarannya adalah $2,49.
Mikir dulu untuk sesaat ya, beli apa tidak ya. Cara pembayarannya juga bisa kredit atau debit. Didasarkan pertimbangan bahwa ngeblog itu hobiku, jadi tidak masalah kalau harus mengupgarde storage untuk foto, alias beli ruang penyimpanan. Akibat dari pembelian ini, setiap bulannya kita akan ditagih, kecuali kalau kita berhenti langganan.

Yang  belum  kudapatkan jawabannya adalah kalau 25GB itu tidak habis dipakai dalam satu bulan, apa akan hangus di bulan berikutnya atau tidak. Itu tidak kumengerti. Tapi itu, sepertinya tidak akan hangus. Makanya nanti sebelum habis satu bulan atau sebelum tanggal pembayaran berikutnya, saya rencananya mau mengcancel. Kalau tidak hangus di bulan berikutnya ya, tidak perlu beli lagi. Kalau mau beli ya tunggu saja yang 25 GB itu habis dulu, baru beli lagi.

Bagaimana dengan teman-teman? apakah bloggnya sudah memberikan warning yang sama?
Sekali lagi tidak masalah bagi saya, karena ngeblog itu ibarat release pain. Ada ketenangan dan kepuasan setelah melakukan postingan.  Bahkan ketika ngeblog itu kita dilupakan oleh apa yang sedang menimpa kita. Maksudnya, kita lagi sakit nih, tapi ketika ngeblog sakit itu tidak terasa. Saking seluruh pikiran tertumpah pada tulisan di blog.

Jadi, selamat ngeblog ya Kawan!

2 comments:

  1. Hi Mia.

    Salah satu cara yang saya gunakan adalah berhemat kuota, dengan menggabungkan beberapa foto menjadi satu frame, dan menaruh foto yang sudah di resized. heh heh heh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah harusnya seperti itu, cuma aku ngeditnya malas hehehehe.... tks ya sharingnya...

      Delete