Tim KJB di depan Candi Brahu foto dari Pak Hardi Kwik |
Untuk mendapatkan
pengetahuan yang banyak tentang sejarah bangsa, maka salah satunya bisa dilakukan dengan Jelajah
Budaya. Itulah yang saya lakukan bersama dengan Komunitas Jelajah Budaya (KJB),
menjelajahi situs Trowulan pada tanggal 15 – 17 Februari 2013. Perjalanan dari
Jakarta menuju Jombang ditempuh dengan
Kereta Api. Ada banyak jadwal keberangkatan sebenarnya, tetapi saya sendiri
memilih jadwal sore jam, 16:05 WIB dengan kereta Eksekutif Bangun Karta.
Sementara rombongan pertama sudah berangkat jam 12 siang dan ada juga yang
pakai pesawat.
Pada hari Jumat, 15 Februari
2013, Kereta Api Bangun Karta, berangkat dari Stasiun Senen menuju Jombang
tepat waktu. Tidak ada jadwal keterlambatan hanya jalannya saja menuju Stasiun
macet ada demo di depan BEJ. Tapi karena kelihaian dari supir Taxi, saya tidak
terlambat dan akhirnya bertemu dengan teman-teman yang lainnya, ada Hardi,
Denis, Nani, dan Ida.
Dalam perjalanan menuju
Stasiun Jombang, Kereta Api Bangun Karta berhenti di beberapa stasiun yaitu:
Jatinegara, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Paron, Madiun, Nganjuk,
Kertosono dan stasiun terakhir Jombang.
Tanggal 16 Februari, sekitar jam 4:30 Kereta sudah sampai di Jombang. Di sana kami sudah dijemput Pimpinan KJB,
Kartum Setiawan. Kami pun langsung menuju penginapan. Penginapan yang dimaksud
di sini bukanlah sebuah hotel tapi katanya suka dipakai untuk kegiatan seminar.
Kamarnya besar dengan empat buah kasur yang didempetkan sehingga satu kamar memuat
empat orang. Untuk penginapan ini peserta dicharge sebesar Rp.
50.000, plus bayar guide dan materi, bis serta makan, total semuanya Rp.
435.000, di luar dari ongkos Kereta.
Setelah berisirahat sebentar
dan mandi, Jam 7.15, kami menuju Rumahnya Mas Kartum Setiawan, untuk sarapan Pagi
di sana. Kami pun dijamu dengan Rawon, Perkedel, Ayam, Gepuk, dan cemilan yang lain. Seru deh jadinya, makan di desa rame-rame, teringat kampung halaman dan terasa keakrabannya.
Sesi makan di rumahnya Mas Kartum |
Tak jauh dari rumahnya
leader kami itu, terletak sungai Berantas. Kita pun ke sana.
Berdasarkan dari keteranghan
Kartum Setiawan didapat Informasi kalau Sungai Brantas ini dahulu dipakai
sebagai jalulr transportasi perdagangan bahkan ada masyarakat yang suka
menggali pasir di Sungai ini. Pada waktu kami berkunjung ke sana airnya
terlihat kotor berwarna kecokelatan dan ada seorang bapak yang sedang asyik
mencari ikan di tepi sungai.
Sungai Brantas ini merupakan sungai terpanjang yang berada Jawa Timur atau sungai terpanjang kedua setelah sungai Bengawan Solo.
Pukul 9:00 WIB kami menuju
Museum Majapahit. Di sepanjang perjalanan ke Museum dapat dilihat pemandangan
Sawah yang menghijau di sisi kiri dan Kanan.
Mengenai persawahan ini, Kartum memberikan informasi.
“Sawah-sawah ini kalau pada
musim kemarau beralih fungsi menjadi kebun, semangka, melon atau tebu dan
menjadi salah satu komiditi”, ujar Kartum.
Dari cerita mengenai sawah,
Kartum beralih ke fokus utama jelajah yaitu, situs Trowulan. Dia mengatakan
yang disebut dengan situs Trowulan itu sama dengan situs Majapahit.
Kebesaran Majapahit
tercantum dalam kitab Pararaton dan Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca.
Menurut Kartum Kitab itu ditemukan secara tidak sengaja. Di Puri Lombok dan
Bali ditemukan dalam daun lontar. Pada kitab tersebut disebutkan raja Singosari
dan Majapahit. Hubungan kedua kerajaan ini sangat dekat. Kerajaan Singosari
yang terletak di kediri banyak melakukan ekspedisi penaklukan mulai dari
Melayu, Kalimantan, Banjar (terus mana lagi). China belum pernah ditaklukan.
Kubilai Khan pernah mengutus tentaranya menaklukan Singosari pada masa Raja
Kertanegara. Tapi utusan tersebut dapat dikalahkan. Akibatnya ia dipotong
telinganya.
Nah, akibat penghinaan yang diterima
oleh utusannya itu Kubilai Khan mengadakan balasan, tapi ketika terjadi serangan
balasan, di Singosari, terjadi pergantian tampuk pimpinan akibat pemberontakan
Jayakatwang. Raja Kertanegara digantikan oleh Jayakatwang. Kertanegara dalam pemberontakan
tersebut meninggal.
Setelah Kertanegara
meninggal, Raden Wijaya yang merupakan menantu Kertanegara menyatakan tunduk
kepada Jayakatwang. Raden wijaya diberi tanah tarik dan hal ini menjadi cikal
bakal dari berdirinya Kerajaan Majapahit.
Raden Wijaya kemudian memanfaatkan
serangan dari Mongol (Kubilai Khan) untuk menyerang balik Jayakatwang, sehingga
Singosari dapat dihancurkan.
Setelah kerajaan Singosari
runtuh, Kerajaan Majapahit kemudian berkembang dan mengalami kejayaan pada masa
Raja Hayam Wuruk dengan patihnya yang terkenal yaitu Gajah mada. Ia terkenal
dengan sumpahnya, Sumpah Palapa, yaitu
ingin menaklukan nusantara. Dalam masa kejayaannya, Kerajaan Majapahit dapat
menaklukan kerajaan-kerajaan nusantara kecuali Satu yang belum ditaklukan yaitu,
Kerajaan Padjadjaran. Hal ini erat kaitannya dengan kisah asmara antara Dyah
Pitaloka dari Kerajaan Pajdjadjaran dan Hayam wuruk dari Majapahit.
Ketika Prabulingga akan
mengantarkan putrinya, Dyah Pitaloka untuk dinikahkan dengan Hayam Wuruk
terjadi perang di daerah bubat, yang kemudian dikenal dengan perang Bubat.
Perang Bubat tersebut terjadi antara pasukan Gajah Mada dengan Pasukan
Prabulingga yang menyebabkan Dyah Pitaloka meninggal dalam perang tersebut. Hal
ini membuat Hayam Wuruk marah kepada Gajah Mada. Setelah itu, Gajah mada
mengasingkan diri.
Pernikahan antara Dyah
Pitaloka dengan hayam Wuruk tidak terjadi karena, Ibu Hayam Wuruk, Tri Bhuwana
Tungga Dewi, kurang menyutujuinya seperti yang dijelaskan Pak Rojak.
Oh ya, ada cerita nih, katanya karena peristiwa Bubat atau perang antara Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Padjadjaran itu maka di Jawa Barat itu, tidak ada nama Jl. Hayam Wuruk. Hoh, memang sih jarang juga saya menemukannya. Lagipula setiap daerah punya nama pahlawannya sendiri.
Oh ya, ada cerita nih, katanya karena peristiwa Bubat atau perang antara Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Padjadjaran itu maka di Jawa Barat itu, tidak ada nama Jl. Hayam Wuruk. Hoh, memang sih jarang juga saya menemukannya. Lagipula setiap daerah punya nama pahlawannya sendiri.
Mari kita rinci satu persatu Jelajah Budaya Ini ...
HARI
PERTAMA (16 Februari 2013)
Museum Majapahit
Museum Majapahit
Gambar di atas diambil di bagian depan museum. Kebetulan di depan museum itu ada patung. Oke, kita lanjut ceritanya. Rombongan KJB, ketika datang diterima dan disambut oleh Guidenya Museum itu sendiri yang bernama Pak Rojak. Kita pun langsung masuk ke dalam koleksi penyimpanan yang ada di museum.
Museum Trowulan - Majapahit |
Setelah kita masuk ke
dalamnya, sangat luaslah Museum ini ternyata sampai halaman belakang. Sebelum kita
lihat halaman belakang, kita lihat dulu bagian dalam (depan) museumnya ya. Di penyimpanan
bagian depan itu ada bekas tempayan, yang merupakan hasil rekonstruksi ada juga
arca-arca, lingga, yoni dan celengan babi yang terbuat dari tanah liat.
Tempayan |
Beranjak ke ruangan lain, kita bisa melihat adanya Sumur Kuno.
Sumur Kuno |
Sumur Kuno yang ditemukan di situs Trowulan ini terbuat dari bahan bata dan gerabah. Sumur dari bahan bata bentuknya ada yang persegi dan bundar. Jenis batanya pun berbeda. Sumur bata yang berbentuk persegi, menggunakan bata berbentuk persegi. Sedangkan sumur bundar menggunakan bata lengkung.
Sumur yang terbuat dari gerabah disebut sumur Jebeng. Jenis sumur yang banyak ditemukan di Trowulan adalah sumur Bundar dan jenis Jebeng.
Keluar dari dalam museum, kita menuju bagian belakang dan itu merupakan ruangan terbuka yang cukup besar.
Di bagian belakang ini terdapat
sejumlah peninggalan sejarah berupa arca, relief dan lainnya.
Nah, di bagian belakang
museum ada sebuah pohon Maja lho. Buahnya inilah yang merupakan asal mula dari
nama Kerajaan Majapahit. Pada waktu itu, pohon maja ini sedang berbuah ya. Tapi
disetiap buahnya itu ada ukiran nama orang. Biasalah kreativitas dari
pengunjung yang seharusnya tidak disalurkan pada buah Maja itu hehehehe. Ini
buahnya.
Pohon dan Buah Maja |
Masih dalam satu area dengan
Museum, ada beberapa lokasi ekskavasi atau bekas penggalian dari situs
pemukiman masyarakat pada zaman Majapahit.
Situs Permukiman pada Zaman Majapahit |
Dilihat dari foto di atas
terlihat ada bata-bata dan tembikar dari tanah liat. Nah, Situs ini lantainya
segi empat artinya ini kastanya termasuk ke dalam tingkatan yang rendah.
Sementara ada situs yang
lantainya atau ubinnya itu berbentuk segi enam. Kata Guide kita, Bapak, kalau
ubin segi enam ini berarti kastanya sudah tinggi atau kasta bangsawan. Coba
lihat Situs berikut ini.
Situs dengn ubin segi enam |
Ubin bersegi enam ini juga terdapat di Situs Candi Kedaton.
Situs Candi Kedaton
Situs ini luas
sekali. Terdapat sebuah Candi di sini yang disebut dengan Candi Kedaton. Nah,
kita khan tidak tahu persis dimana letak Ibu Kota dari Kerajaan Majapahit,
Trowulan. Karena tidak adanya bekas daripada Ibu Kota ini. Tapi Situs Kedaton
ini merupakan situs yang bisa dipastikan kastanya paling tingggi diantara situs
yang ada di Trowulan.
Situs Kedaton |
Dan berikut ini Candi
Kedaton yang menambah Situs Kedaton ini istimewa.
Candi kedaton |
Di situs Candi Kedaton ini sebenarnya terdapat empat buah bangunan utama yang terdiri dari Candi dengan sumur Upas, Makam Islam, Mulut gua dan lorong rahasia. Sampai sekarang, para arkeolog belum menemukan format dari Situs Kedaton. Tetapi kalau dilihat dari temuan bentuk struktur, diperkirakan Candi Kedaton ini merupakan kompleks bangunan atau tempat tinggal.
Kurang lebih 200 meter dari Situs Candi Kedaton terdapat Umpak. Seperti
inilah bentuknya.
Umpak Sentonorejo
Umpak Sentonorejo
Umpak Sentonorejo |
Umpak ini berbentuk persegi delapan dan sudah terbungkus plastik sebelumnya tidak dibungkus kata Mas Kartum. Biasanya khan kita
temukan di sebuah pendopo atau tempat pertemuan. Umpak ini ada berjumlah 14
buah, ditengahnya bolong atau ada rongganya. Ini biasanya dipakai untuk
memasukan tiang atau soko guru. Jadi, jelaslah dengan adanya Ubin segi enam,
candi dan Umpak ini menandakan bahwa Situs Kedaton ini istimewa.
Selesai keliling Situs
Kedaton, kita kemudian lanjut berkunjung ke Pendopo Agung.
Pendopo AgungPendopo Agung |
Coba lihat Umpak pada gambar
kedua (bagian bawah). Na, Umpak Sentonorejo, kalau dipasang dengan tiang
jadinya seperti itu. Oh ya, dibelakang Pendopo ini ada sebuah tempat yang
dijaga juru kunci. Kita bisa melihat dari jauh tidak boleh mendekat. Tempat ini
sakral sekali karena di sinilah tempat bertapanya Raja Majapahit yang pertama,
Raden Wijaya dan juga tempat diucapkannya sumpah Palapa oleh Mahapatih
Gajahmada.
Tempat Pertapaan dan Pengucapan Sumpah |
Habis dari Pendopo Agung kita melanjutkan kunjungan ke
Candi Tikus.
Candi Tikus Candi Tikus |
Kenapa diberi nama Candi tikus?
Ini dikarenakan pada waktu terjadi wabah tikus yang merajalela dan terjadi pemburuan, tikus-tikus itu berlari ke dalam lobang dalam sebuah gundukan. Akhirnya, setelah dibongkar, di dalam gundukan atau dibawah sarang tikus terdapat bangunan yang terbuat dari batu bata. Itulah asal mula kenapa diberi nama Candi Tikus.
Candi Tikus merupakan replika atau konsep Mahameru sebagai pusat makro kosmos. Selain itu, di tengah candi tikus terdapat miniatur empat buah candi kecil yang dianggap melambangkan Gunung Mahameru.
Dari Candi Tikus kita berlanjut ke Candi Bajang Ratu.
Candi Bajang Ratu Candi Bajang Ratu |
Candi Bajang Ratu ini dibangun pada tahun 1328 M oleh Tri Bhuwana Tungga Dewi untuk Jayanegara. Begini ceritanya, Kerajaan Majapahit ini Raja Pertamanya Raden Wijaya. Setelah meninggal, Raden Wijaya digantikan anaknya yang bernama Jayanegara. Ketika ditunjuk menjadi Raja, Jayanegara masih kecil (bajang = kecil/ cacat) dan pada masa pemerintahannya terjadi pemberontakan tapi pemberontakannya itu bisa dipatahkan Gajah Mada.
Jayanegara sendiri meninggal karena dibunuh oleh tabibnya. Selanjutnya tabib yang membunuh Jayanegara berhasil disingkirkan oleh gajah mada. Tapi ada yang mengatakan bahwa dibalik pembunuhan itu, Dalangnya adalah Gajah Mada, karena dia adalah penasehat setia dan terpercaya dari Tribhuwana Tungga Dewi atau Ibunya Hayam Wuruk.
Apa hubungan Jayanegara dan Tribhuwana Tungga Dewi?
Mereka adalah adik-kakak yang berbeda Ibu.
Nah, Candi Bajang Ratu ini merupakan bentuk Candi Dharma. Maksudnya candi yang dibangun untuk penyucian atau merupakan pintu yang menuju bangunan Suci tempat perabuan Jayanegara.
Wow, sekarang kita jadi tahu Siapa Tribhuwana Tungga Dewi itu. Ratu yang berkuasa ketiga di Kerajaan Majapahit dan merupakan Ibu dari Hayam Wuruk.
Jayanegara sendiri meninggal karena dibunuh oleh tabibnya. Selanjutnya tabib yang membunuh Jayanegara berhasil disingkirkan oleh gajah mada. Tapi ada yang mengatakan bahwa dibalik pembunuhan itu, Dalangnya adalah Gajah Mada, karena dia adalah penasehat setia dan terpercaya dari Tribhuwana Tungga Dewi atau Ibunya Hayam Wuruk.
Apa hubungan Jayanegara dan Tribhuwana Tungga Dewi?
Mereka adalah adik-kakak yang berbeda Ibu.
Nah, Candi Bajang Ratu ini merupakan bentuk Candi Dharma. Maksudnya candi yang dibangun untuk penyucian atau merupakan pintu yang menuju bangunan Suci tempat perabuan Jayanegara.
Wow, sekarang kita jadi tahu Siapa Tribhuwana Tungga Dewi itu. Ratu yang berkuasa ketiga di Kerajaan Majapahit dan merupakan Ibu dari Hayam Wuruk.
Dari Candi Bajang Ratu kita lanjut ke Kolam Segaran.
Kolam Segaran Kolam Segaran |
Kolam segaran ini ditemukan kembali pada tahun 1926 oleh Ir. Henri Maclaine Pront, arsitek berkebangsaan Belanda yang mendirikan museum trowulan lama dan memiliki perhatian besar terhadap penelitian bekas kota Majapahit. Segaran itu sendiri berasal adari "Segara" yang artinya laut dan akhiran "An" yang artinya buatan.
Katanya kolam ini, menampung sumber mata air dari empat gunung yang bermuara di kali Brantas.
Kata Pak Rojak, Kolam segaran dahulu ketika masa kerajaan Majapahit dipakai untuk menjamu tamu dari China. Biasanya barang-barang yang dipakai untuk jamuan seperti piring, gelas dan lainnya yang terbuat dari emas, sesudah dipakai dibuang ke Kolam ini. Maksudnya unjuk kekayaan. Tapi, setelah para tamu raja itu pulang, barang-barang yang sudah dibuang itu diambil kembali. Unik ya, heheheheheee...
Kolam ini pernah mengalami pemugaran dan ketika dilakukan penggalian kepurbakalaan tidak ditemukan benda-benda yang berarti kecuali sebuah mata kail emas, kepingan tulang-tulang, sebuah pegangan dari tanah liat dan sebuah lumpang batu kecil.
Katanya kolam ini, menampung sumber mata air dari empat gunung yang bermuara di kali Brantas.
Kata Pak Rojak, Kolam segaran dahulu ketika masa kerajaan Majapahit dipakai untuk menjamu tamu dari China. Biasanya barang-barang yang dipakai untuk jamuan seperti piring, gelas dan lainnya yang terbuat dari emas, sesudah dipakai dibuang ke Kolam ini. Maksudnya unjuk kekayaan. Tapi, setelah para tamu raja itu pulang, barang-barang yang sudah dibuang itu diambil kembali. Unik ya, heheheheheee...
Kolam ini pernah mengalami pemugaran dan ketika dilakukan penggalian kepurbakalaan tidak ditemukan benda-benda yang berarti kecuali sebuah mata kail emas, kepingan tulang-tulang, sebuah pegangan dari tanah liat dan sebuah lumpang batu kecil.
Kunjungan berlanjut pada hari kedua.
HARI
KEDUA (17 Februari 2013)
Gapura
Wringin Lawang
Gapura Wringin Lawang |
Pada hari kedua, Kunjungan dilanjutkan ke Gapura Wringin Lawang. Nama dari gapura ini ada sejarahnya. Ketika ditemukannya ada 7(tujuh) beringin yang menyerupai pintu. Berdasarkan hal itulah Gapura ini diberi nama "Wringin Lawang".
Atap gapura ini berbentuk bentar. Fungsinya sebagai pintu masuk ke Kota Raja atau Pintu masuk ke Majapahit. Sebenarnya kata Pak Rojak, Sang Guide, Pintu masuk ke Majapahit ini ada 4 (empat). Wringin Lawang ini ada di sebelah Utara, tapi katanya yang sebenarnya menghadap ke Barat Daya. Hal ini berbeda dengan catatan Wagenar kata Pak Rojak. Saya tidak mengerti siapa itu Wagenar.
Gapura ini terbuat dari bata merah dan sudah pernah dipugar. Ketika ditemukan sudah tinggal setengah. Kemudian dilakukan rekonstruksi. Meskipun dilakukan rekonstruksi tapi tidak mengurangi nilai arkeologi dan arsitektur.
Sebuah Gapura memiliki ciri khas yaitu, yaitu memiliki trap atau undakan dan jumlahnya ganjil. Maksud dibangunnya sebuah Gapura itu, logikanya, kalau orang mau masuk ke suatu tempat harus salam atau permisi dulu. Begitu ...
Atap gapura ini berbentuk bentar. Fungsinya sebagai pintu masuk ke Kota Raja atau Pintu masuk ke Majapahit. Sebenarnya kata Pak Rojak, Sang Guide, Pintu masuk ke Majapahit ini ada 4 (empat). Wringin Lawang ini ada di sebelah Utara, tapi katanya yang sebenarnya menghadap ke Barat Daya. Hal ini berbeda dengan catatan Wagenar kata Pak Rojak. Saya tidak mengerti siapa itu Wagenar.
Gapura ini terbuat dari bata merah dan sudah pernah dipugar. Ketika ditemukan sudah tinggal setengah. Kemudian dilakukan rekonstruksi. Meskipun dilakukan rekonstruksi tapi tidak mengurangi nilai arkeologi dan arsitektur.
Sebuah Gapura memiliki ciri khas yaitu, yaitu memiliki trap atau undakan dan jumlahnya ganjil. Maksud dibangunnya sebuah Gapura itu, logikanya, kalau orang mau masuk ke suatu tempat harus salam atau permisi dulu. Begitu ...
Patung Budha Mahavihara
Lalu kita pun
berkunjung ke Patung Budha Mahavihara atau yang dikenal juga dengan
Sleeping Budha. Yup, dikarenakan Indonesia juga Punya Sleeping Budha, jadi tak perlu ke Thailand. Letaknya ada dibagian belakang dari Maha Vihara Mojopahit.
Sleeping Budha |
Perhatikan, bibirnya seksi ya....
Maha Vihara Majapahit ini didirikan oleh Bikhu Wriyanadi. Konsep pembangunan dari vihara dengan Sleeping Budhanya ini adalah terkait dengan Keyakinan Hindu Budha. Sehingga ia ingin mengangkat kembali kebesaran Majapahit yang dulu pernah berjaya, "Gaung Bumi Sakala Majapahit" artinya Majapahit pernah bergaung dan berjasa.
Maha Vihara Majapahit ini didirikan oleh Bikhu Wriyanadi. Konsep pembangunan dari vihara dengan Sleeping Budhanya ini adalah terkait dengan Keyakinan Hindu Budha. Sehingga ia ingin mengangkat kembali kebesaran Majapahit yang dulu pernah berjaya, "Gaung Bumi Sakala Majapahit" artinya Majapahit pernah bergaung dan berjasa.
With My Friends |
Saya sempat tanya sama Pak Rojak tentang sikap masyarakat ketika dibangunnya Vihara ini. Menurut keterangannya, Kelebihan Vikhu, sebelum mendirikan Vihara ini, dia bisa masuk melalui pendekatan kepada masyarakat. Pertama dia beli tanah yang ditanami jati, kemudian pelan-pelan dibuatlah tempat seperti yang sekarang ini kita lihat. Ternyata di sini ada tempat penginapan juga untuk para mahasiswa, komunitas atau tamu lainnya.
Selanjutnya kita berkunjung ke pusat kerajinan Bejijong.
Pusat Kerajinan Bejijong
Perajin di Bejijong |
Di pusat kerajinan Bejijong ini, kita bisa melihat langsung proses pembuatan kerajinan yang terbuat dari logam perunggu, perak maupun tembaga. Saya pun beli, ada kerajinan gajah, topeng dan kura-kura. Harganya mulai dari Rp. 15.000 an...
Candi Brahu
Candi Brahu |
Menurut keterangan Bapak Rojak, Candi Brahu ini fungsinya untuk perabuan. Tapi tidak ditemukan abu. Berfungsi juga untuk upacara karena ada altarnya. Meski tidak ditemukan abu tapi ditemukan arang pada abad 16. Candi Brahu condong untuk Pendharmaan. Tingginya 27 (dua puluh tujuhI meter). Merupakan Candi Hindu Budha. Dikatakan ke dalam Candi Hindu karena ditemukan Lingga Yoni dan bentuknya Hindu dan dikatakan Candi Budha karena bentuknya menggemuk. Candi Brahu ini menghadap ke Barat.
Oh ya, ada juga yang mengatakan bahwa Candi Brahu merupakan Candi Budha. Hal ini saya dengar ketika ada serombongan anak-anak Sekolah Dasar berkunjung ke sini dan saya menguping perkataan Guidenya. Selain itu, lihatlah pada gambar kedua, ada miniatur candi budha yang terbuat dari tanaman :)
Seperti itu kira-kira cerita Jelajah Situs Trowulan bersama KJB. Maaf kalau ada informasi yang kurang tepat dan terima kasih sudah membacanya.
Oh ya, ada juga yang mengatakan bahwa Candi Brahu merupakan Candi Budha. Hal ini saya dengar ketika ada serombongan anak-anak Sekolah Dasar berkunjung ke sini dan saya menguping perkataan Guidenya. Selain itu, lihatlah pada gambar kedua, ada miniatur candi budha yang terbuat dari tanaman :)
Seperti itu kira-kira cerita Jelajah Situs Trowulan bersama KJB. Maaf kalau ada informasi yang kurang tepat dan terima kasih sudah membacanya.
No comments:
Post a Comment