Search This Blog

Sunday, February 20, 2011

Belajar Membatik

Ceritanya hari minggu ini saya menghabiskan waktu setengah hari melalui belajar membatik.
Untuk jadwal membatik itu sendiri saya dapatkan dari papan pengumuman di Museum Bank Mandiri pada hari Selasa lalu ketika akan mengunjungi Kawasan Kota Tua.  Tertarik  saya dengan belajar membatik tersebut sehingga  memutuskan untuk ikut kelas membatik. Nah, karena kursus membatiknya diadakan di Museum Bank Mandiri, tentu saja bisa terjangkau dengan mudahnya oleh saya. Hanya dengan naik satu kali Busway dari Blok M ke Halte Stasiun Kota, maka kita sudah sampai di tempat tujuan akhir. Ya, karena Museum Bank Mandiri sendiri adanya persis bersebrangan dengan halte busway Stasiun Kota.

Sekitar pukul sepuluh lewat 15 menit saya sudah sampai di Museum Bank Mandiri. Saya diantar Petugas menuju ke ruang membatik. Di sana telah hadir lima orang peserta dan Pengajar yang juga dibantu oleh anaknya. Untuk pelajaran pertama, Ibu Indra, demikian nama pengajarnya memberikan semacam introduction atau pengenalan tentang batik. Ia menjelaskan Beberapa jenis Batik dari berbagai daerah, diantaranya:


Batik Sidomukti
Ya, batik ini ada di Solo dan juga Yogya. Batik Sidomukti biasa dipakai untuk gaun pernikahan. Ciri batik solo adalah warnanya sogan atau kecoklat-coklatan. Proses pembuatannya pun lama. "sampai menunggu 7 kali pengeringan setelah itu ada proses yang kedua", tutur Ibu Indra. Batik merupakan simbolisasi gabungan dari seni, budaya dan gaya hidup orang jawa. Membatik sendiri artinya membuat titik. Pengerjaan batik ada yang dilakukan sambil berpuasa juga dan rata-rata jangka waktu pembuatan batik dulu bisa mencapai 6 bulan. Harga dari batik ditentukan pula oleh motifnya. "semakin halus mukelnya semakin mahal harganya", ujar Ibu indra.

Dilihat dari proses pembuatannya yang lama tersebut maka menurut Ibu Indra Batik itu memiliki nyawa. Batik dipakai untuk kebahagiaan dan juga kesejahteraan. Batik Sidomukti yang dipakai untuk pernikahan harus dibedakan antara batik yang akan dipakai oleh pengantin laki-laki dan perempuan. Batik untuk  laki-laki, kotaknya besar-besar sedangkan untuk perempuan kecil.

Selain batik sidomukti ada juga batik truntung hampir sama dengan Sidomukti  warnanya gelap tetapi untuk batik motif truntung ada yang dikombinasikan dengan garuda atau alur dari cecek (point/The shape of the point made using Canting and the results remain white). Arti dari batik truntung adalah, meskipun putera dan puterinya sudah menikah tetapi orang tuanya tetap menuntun. Harus diperhatikan pula cara pemakaiannya. "lihat sayap garuda, sayapnya harus ke atas", ujar Ibu Indra. 


Batik Motif Parang Rusak Barong


Motif ini hanya dipakai oleh keluarga keraton. "Sebaiknya kalau bukan keluarga keraton tidak perlu memakai motif Parang Rusak Barong", tutur bu Indra. Atau bisa juga memakai motif tersebut tapi dikombinasikan dengan yang lain.
Batik Garut.

Untuk batik Garut, cirinya ada warna kuning dan biru. Motif batik garut sangat simple dan nama motifnya adalah Rereng Useup Kukupu...(sebenarnya dibawah batik tersebut ada kupu-kupunya, dan ada warna kuning dan biru bisa dilihat sedikit dari gambar di atas)...kalau untuk batik tasik motifnya lebih kreatif. Biasanya orang tasik membuat batik dengan motif garut tetapi mereka mengkombinasikan lagi dengan motif lainnya.

Motif Pagi Sore
ya karena terdapat dua motif.  Kalau malam pakai yang gelap. Motif ini merupakan khas lasem karena ada motif daun pakis.

Batik Mega Mendung
Batik Mega mendung merupakan batik yang berasal dari Cirebon. Disebut mega mendung karena bentuknya yang menyerupai awan. Biasanya hadir dalam warna  merah dan biru karena ada pengaruh Cina dan digambar tidak putus-putus. Yang terpenting adalah  ada degradasi warna. Semakin banyak degradasi warnanya, harganya semakin mahal.

Batik Pekalongan
Batik pekalongan namanya buketan dan motifnya ini dipengaruhi oleh Belanda. Bagian kepala di depan dan warnanya tua.
batik printing dengan motif tumpal atau segitiga
Salah satu ciri dari batik printing adalah kalau dibalik warnanya putih....

Batik Indramayu
Batik Indramayu namanya Iwak etong dan ada motif udangnya,. Iwak sendiri artinya ikan.

Batik Lamongan

Ciri khas batik lamongan adalah ada motif kupu-kupunya....................
Selain batik tulis ada juga jenis batik fraktal yang cara pembuatannya dengan menggunakan mesin. "Tapi Batik ini kurang bisa diterima atau menjadi perdebatan untuk dikategorikan ke dalam jenis batik oleh para pengrajin batik karena tidak memiliki nyawa", ujar bu Indra...

Batik Banyumas
 Batik Banyumas memiliki motif yang bernama sekar jagat dan ada warna pinknya. Sekar sendiri artinya peta dan jagat artinya dunia. Jadi, maksudnya adalah menaklukkan dunia. 

Demikian tadi jenis-jenis batik, sekarang kita mulai membatik. untuk membatik sendiri kita butuh yang namanya bahan atau kain. Kain yang digunakan untuk membuat batik adalah kain mori. Jenisnya atau tingkatannya juga  banyak. Selain kain mori bisa juga memakai bahan silk.

Proses pertama yang saya ikuti dalam membatik adalah mencap kain dengan lilin.  Seperti  ini:

Proses pengecapan di bantu oleh insturktur

Ya, cap dicelupkan ke dalam lilin lalu di tempel di kain dengan cara ditekan agar motifnya menempel. oh ya, kain yang akan di cap di simpan diatas gabus  yang telah diberi air lalu ditutup dengan plastik dan kertas agar lilin cepat kering. Setelah proses pengecapan lalu lanjut dengan menggambar menggunakan wax atau malam dengan bantuan alat canting....dan setelah selesai maka bisa diberi parafin untuk menghasilkan efek pecah-pecah... dan hasilnya seperti ini:

telah melalui proses penggambaran dengan malam dan diberi parafin (sebaiknya kalau tidak bisa menggunakan parafin jangan diberi parafin ya, hasilnya aneh heheheh)
Nah, setelah selesai dengan malam dan juga parafin berikutya adalah  tahap pewarnaan.

Proses Pewarnaan

Sebelum diberi warna, kain yang telah diberi motif dicelupkan ke dalam air supaya basah. Setelah itu dicelupkan ke dalam air yang telah diberi naptol yang berfungsi untuk mengikat warna. kemudian dicelupkan ke dalalm cairan warna dan dimasukkan lagi ke dalam air biasa yang pertama. Tahap berikutnya adalah kain yang telah diberi warn atersebut direbus ke dalam panci dengan menggunakan kanji supaya malamnya lepas. Tidak lama merebusnya hanya menunggu sampai malamnya lepas. Setelah itu lalu dijemur dan jadilah saputangan saya yang tidak berbentuk ini hehehehehe:

hasil akhir wkwkwkw
NB: ya semuanya adalah belajar dan untuk belajar membuat batik ini ada tarifnya untuk saputangan Rp. 70.000 untuk scarf 140.000, meskipun hasilnya seperti yang anda lihat, tapi saya dan teman-teman yang lainnya telah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dalam menyebutkan istilah maupun salah penulisan dan penempatan.....terima kasih :D

7 comments:

  1. wah, seru juga pelajrannya. pake batik enak. adem

    ReplyDelete
  2. iya mbak, sedang tergila-gila dengan batik, apalagi kalau lihat bule pakai batik, wah, elegan terlihatnya :D

    ReplyDelete
  3. Halo Mbak, thx unt dukungan dalam Melestarikan Warisan Budaya melalui memBATIK.....

    Ayo membatik lagi 20 Maret 2011 silahkan coba yg full tulis, pasti lebih menarik

    Oya silahkan mampir di situs kami,
    http://mbatikyuuuk.com
    twitter @mbatikyuuuk.com
    Please click FanPage FB Mbatikyuuuk untuk updated info workshop

    Gutlak and GBU

    salam,

    bu Indra Tj
    HP 0811.1683.98

    ReplyDelete
  4. Iya bu Thanks, wah sudah lewat ya,
    maaf baru baca komentarnya ... moderasi komentarnya ada yang salah. Biasanya kalau ada yang komentar selalu ada pemberitahuan ke HP, tapi ini tidak ada.

    saya lihat komentar ibu ada di Spam, dan saya juga baru ngecek...terima kasih Infonya...mohon informasinya apabila ada kegiatan lagi ...

    ReplyDelete
  5. halo mbak, nudah2an belum telat nih beritanya MBATIKYUUUK minggo 10 Juli 2011 di Tanjung Barat jam 10, ada petanya di http://mbatikyuuuk.com
    ditunggu....

    salam,
    bu Indra Tj
    HP 0811.1683.98

    ReplyDelete
  6. Terima kasih Infonya, kebetulan hari ini saya tidak bisa datang. Kemungkinan pada kesempatan lain saja. Terima kasih ya..

    ReplyDelete
  7. Halo mbak apa kabar ? jalan2 bersama Mbatik yuuuk
    pls check :
    http://mbatikyuuuk.com/whats-happening-this-month/
    ditunggu ya

    ReplyDelete