Search This Blog

Friday, December 16, 2011

Melihat Lokasi Lumpur Sidoarjo

Kalau saja pendamping kita di Surabaya ini tidak mengatakan di depan ada tanggul lumpur Sidoarjo tentu saya tidak akan tahu kalau lokasi lumpur Sidoarjo itu  masih di sekitar wilayah Surabaya tepatnya di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Ya ampun, padahal kasus lumpur Sidoarjo itu menjadi headline di mana-mana hehehehe...

Nah, untung sang guide kami itu menawari kami apabila ingin turun dan melihat lebih dekat lokasi lumpur Sidoarjo. Akhirnya kami putuskan untuk turun dari mobil dan naik ke atas tanggul melihat lokasi lumpur lebih dekat. Pas mau naik melewati tanggul itu kita disambut oleh beberapa kelompok laki-laki. Mereka rupa-rupanya menarik tarif pada setiap pengunjung yang akan naik ke atas tanggul. Setiap pengunjung ditarik ada kurang lebih Rp. 10.000,- Seperti inilah gambarannya.


Para pemuda menjaga tangga  dan tarik tarif

Nah, seperti itulah mereka menghalangi para pengunjung yang akan naik ke atas melihat lumpur Sidoarjo. Mereka baru memberikan jalan setelah kita beri uang tentunya.

Tanggul  Lumpur Sidoarjo

Nah, menurut guide kami, karena dibuatnya tanggul ini maka jalanpun dinaikkan. Kalau tidak salah ada sekitar 2 meter katanya.

Lumpur Sidoarjo


Lumpur Lapindo di Sidoarjo

Dan menurut salah satu sumber mengatakan bahwa ada sebanyak 16 desa yang terkubur akibat bencana lumpur Sidoarjo ini. Sementara luas areal luapan lumpur Sidoarjo adalah 1200 hektar dan kedalamannya sekitar 11 meter. Sebenarnya di sana ada jasa ojeg untuk berkeliling melihat  lokasi lumpur ini. Tapi memang saya waktunya tidak ada dan bukan tujuan utama ke lumpur Sidoarjo.

Lalu, pesan yang ingin saya sampaikan apa?

Ya, sebelumnya memang saya tidak mengikuti perkara lumpur Sidoarjo ini, yang sebelumnya disebut dengan lumpur Lapindo. Lagipula mengapa harus merubah nama segala ya?  kalau menurut saya sih dibilang "Lumpur Lapindo di Sidoarjo" itu akan lengkap. Selanjutnya untuk ke depan, mudah-mudahan pekara ini dapat dijadikan pengalaman yang berharga semoga kita tidak jatuh pada tempat yang sama. Dan Semoga hak masyarakat yang terkena dampak dari bencana Lumpur Sidoarjo ini bisa dipenuhi oleh pemerintah maupun pihak yang bertanggung jawab. 



No comments:

Post a Comment