Search This Blog

Tuesday, May 4, 2010

Harta Karun

Yup ceritanya tadi malam saya lihat berita di televisi. Beritanya tentang penemuan Harta Karun di Perairan Indonesia.

Yup gambar-gambar tersebut merupakan harta karun yang ditemukan di perairan indonesia. Saya ambil Fotonya dari televisi. Menurut berita tersebut, harta karun ini ditemukan tepatnya dari muatan kapal Tiongkok yang berusia 1000 Tahun.

Pemerintah rencananya akan mengadakan lelang Keramik-Perhiasan (Harta Karun)yang diperkirakan senilai Rp. 800 miliar.
Nah, saya pun mencatat beberapa point penting dari wawancara yang dilakukan oleh newsreader dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad dan Arkeolog yang bernama Bambang Budi Utomo.
Point-point yang saya catat adalah sebagai berikut:
  • Menurut Bapak Fadel, lelang harta karun ini nanti uangnya akan masuk ke Menkeu. Beliau takut apabila harta karun yang ditemukan di perairan Indonesia dijual secara ilegal. Menurutnya, pada tahun 2001 ada peraturan dari UNESCO yang intinya mengatakan bahwa 'Kalau boleh barang yang ditemukan jangan dijual"...tapi Indonesia belum meratifikasinya. Menurutnya  lagi, "kita setuju tapi apakah  UNESCO sanggup mengambil harta karun...dan mereka mengatakan, "Sorry, we had no fund and Money"...........Fadel M, juga mengatakan kita butuh sekitar 100 miliar untuk mengambil harta karun dari perairan. Dikarenakan kita melakuakn survey terlebih dahulu, apakah di dalam perairan terebut terdapat harta karun atau tidak. Oleh karena biaya nya yang terhitung besar maka Kita membolehkan pihak lain untuk mengambil harta karun tersebut. Kalau negara kita punya uang itu bagus. Kita bisa mendelegasikan tugas pencarian harta karun itu kepada LIPI.  Saya khawatir ada yang curi-curi dan menjualnya. Sedangkan untuk harta karun yang sudah ditemukan tersebut, Fadel, mengatakan bahwa pihaknya telah mengirim orang untuk mengambil barang-barang yang utama, dan tidak boleh dilelang. Dengan kata lain, kalau barangnya hanya ada satu maka tidak boleh dilelang.

  • Bapak Bambang mengatakan harusnya dalam setiap  pencarian harta karun atau pengangkatan dilengkapi dengan recording yang jelas. Tapi sayang, itu kurang. Harta yang ditemukan itu bisa mengubah sejarah tentang suatu hal. Misalnya, harta karun yang berupa cetakan asmaul husna ternyata setelah diteliti itu berasal dari abad 10. Hal ini menandakan bahwa islam telah masuk ke Nusantara pada abad 10 bukan abad ke 13 seperti yang diyakini orang. Menurutnya ada beberapa hal yang bisa kita lakuakn untuk mengamankan harta karun di wilayah prerairan Indonesia. yaitu: Institusi atau Direktorat pengembangan bawah air harus exis dan juga melatih para arkeolog "bawah air".

Semoga Pemerintah Indonesia dikemudian hari bisa mengambil sendiri harta karun yang ada di bawah perairan Nusantara kita tercinta.Tapi kalaj menurutku, sebenarnya Indonesia itu kaya. Coba ya kalau para Konglomerat Indonesia mau bekerja sama dengan cara menyisihkan sebagian dari hartanya. wah pasti kita bisa mengumpulkan dan yang cukup untuk mengambil harta-harta karun itu. NAh. kita sebagai masyrakat biasa juga bisa berkontribusi. Caranya ya menyumbang alakadarnya atau menyumbang sesuai dengan kesanggupan kita dan tentunya dibarengi dengan niat yang tulus. Bagaiamana dengan Ide saya itu??

Teman-temanku semuanya, apa yang saya tulis ini semata-mata di latarbelakangi oleh rasa amazing saya terhadap suatu pencarian harta karun. Saya sangat senang sekali menonton film yang berbau petualangan. karena di dalam petualangan tersebut saya melihat para petualang harus menghadapi berbagai rintangan, memecahkan teka-teki agar berhasil melewati rintangan tersebut. Dan  apabila mereka berhasil melewati semua rintanga tersebut itu, lihatlah hasilnya yang amazing "Harta karun yangtakternilai harganya dan juga kepuasan batin kita"..........
 
Oh ya ini sama halnya dengan petualangan kita untuk meraih mimpi-mimpi kita. Rintangan adalah jalan kita menuju puncak keberhasilan kita. Mimpi yang terwujud itulah buah dari kerja keras kita. 
Dan semoga saja kita bisa menajdi orang yang bijak apabila dikemudian hari kita menemukan harta karun...dan yang paling penting adalah tidak jatuh ketangan orang yang tidak bertanggung jawab...Selamat Berpetualang dan Mendapatkan Harta Karun.

No comments:

Post a Comment