Search This Blog

Saturday, April 16, 2011

Bermain Foursquare Harus Bisa Mengatasi Problemnya

Yup, begitu banyak jejaring sosial yang bisa kita akses dengan berbagai tujuan. Masing-masing memiliki karakterisik yang berbeda. Ada twitter yang hanya untuk update status maksimal 140 karakter. Twitter ini disebut juga  microblogging. Twitter ini termasuk favorit saya. Mengapa?? saya tidak bisa tidak bercicit cuit. Karena setiap detik itu kita pasti akan mendapatkan suatu pengalaman baru atau updating terbaru yang berhubungan dengan diri kita. Dan saya senang menggunakan twitter ini, untuk meluapkan sesuatu yang ada dipikiran saya setiap detik. Oleh karena itu saya buat private, karena lebih personal. Saya hanya mengadd teman-teman yang saya kenal dan saya inginkan. Ini adalah hak saya.

Tapi twitter itu, kalaupun sudah private, teman-teman kita bisa melakukan "retweet" terhadap status kita. Seperti kita ketahui  Ubersosial  sudah berintegrasi dengan twitter dan  ubersosial lah yang memiliki fasilitas untuk meretweet status kita selain seesmic. Jadi, kalau ada teman kita yang meretweet status kita, otomatis status original kita akan terlihat di timelinenya teman kita dan itu bisa dilihat oleh teman dari teman-teman kita. Lebih luas lagi kalau teman kita tidak private profile maka seluruh dunia akan bisa melihat. Pada mulanya saya keberatan kalau ada yang meretweet, tapi akhirnya saya legowo. ya, silahkan saja, tapi tolong saja ya yang teramat personal jangan diretweet apalagi status yang bisa mentrigger sesuatu yang negatif (ada kalanya orang lepas kendali). Saya juga suka meretweet kok, tapi percayalah itu status yang normal yang saya retweet. Jadi, kita sama-sama ambil enaknya saja ya.

Selain twitter ada juga FB alias facebook. Saya tidak hendak membahas facebook di sini. Tapi saya senang menggunakan FB.

Nah, sekarang masuk ke inti cerita. Saya ingin sharing sedikit pengalaman tentang Foursquare. Apakah Anda bermain foursquare???
Saya sendiri bermain. Tadinya kupikir apaan sih foursquare. Ternyata saya tergoda untuk bermain Foursquare. Apa yang membuat saya tergoda???
Foursquare itu berbeda dengan yang lain. Foursquare digunakan untuk melakukan check IN pada lokasi atau tempat-tempat yang kita kunjungi. Tapi harus dari HP, baru bisa check IN. Ya, dengan sistem GPS tentunya yang dapat mengenali keberadaan kita.

Nah, tidak hanya check IN saja, kita juga bisa memberikan TIPS pada lokasi yang kita kunjungi.  Ini bagian yang saya sukai. Tapi yang paling menarik bagi saya adalah BADGE nya...Ya, ketika kita Check In di suatu tempat, kita bisa mendapatkan BADGE...Dan Badge itu yang menarik saya, karena bentuknya yang beragam. Dan mendapatkannya pun misteri...karena tanpa kita sangka-sangka ketika kita check IN,  kita unlock suatu BADGE. hehehehehe.........Coba lihat Badge berikut ini :

Newbie ini didapat untuk yang pertama kali pakai Fousquare :)

Jetsetter, Ini didapatkan kalau kita sering check in di Bandara atau kita pakai layanan pesawat terbang
Seruu Bukan???

Selain itu, pemikiran saya menggunakan Foursquare adalah adakalanya Tugas ke luar Daerah. Ini yang menarik bagi saya. Dikarenakan bisa mengeksplore wilayah yang kita kunjungi. Tentu dengan Jaringan 3G. Tapi sayang tidak semua daerah yang dikunjungi tercover jaringan 3G. Nah, baru-baru ini saya ada tugas ke Bandung. Eventnya sendiri diadakan di sebuah hotel. Tapi ada yang membuat saya heran, di Kota tapi sinyal 3Gnya mati. Beberapa waktu kemudian saya baru tahu ternyata hotel dimana kita mengadakan acara, bekerja sama dengan operator lain. Jadi, jaringan 3G yang dari operator yang saya pakai mati atau di block.

Dan ketika meninggalkan hotel karena acaranya sudah  selesai, sinyal 3G saya kembali tapi sayang ketika mau bermain Foursquare tidak bisa loading ke current venue atau lokasi terbaru. Agak menjengkelkan. Lalu saya unsintall dan reinstall, tapi tetap tidak mau terhubung dengan lokasi terbaru.  Nah kemarin sore saya "otak-atik " ternyata saya berhasil memecahkan teka-teki/masalahnya.

Bagaimana caranya?
Caranya adalah: Saya Log in ke Foursquare di HP saya -----> Lalu saya klik Help ---->Lalu klik Setting Permission ----> dari sini ada Info seperti ini:
Setting Permision:
For some users, you may need to change your permission so foursquare can properly connect to its server. IF you are having issues signing into foursquare, you c an change your app permission as follows:

  1. On your Blackberry, go to  "Option" ---> Advanced Options ---> Application
  2. Scroll through  the list to find the 'foursquare' app
  3. Hit the menu button and select 'Edit Permission' from context menu
  4. For 'connection', 'interaction', and 'User  Data' set all of these to 'Allow'
  5. On exit, save the changes.
*make sure that you exited prior to changing settings.

Begitulah kira-kira pengumumannya.
Jadi, berdasarkan guidance itu saya ikuti tahap-tahapannya. Tentu hal yang pertama yang bisa kita lakukan adalah mematikan atau---> log out dulu dari foursquare. ---> kemudian ke menu utama di BB dan klik option ---> setelah itu klik applications --->lalu klik Foursquare---> lalu klik edit permision ---> lalu di connection klik Allow ---> di Interaction klik Allow  ---> di user data klik Allow juga ---> perhatikan gambar berikut ini: 

Nah, seperti ini gambaran untuk no 3 di atas. Klik yang Edit Permission Yak. 

Nah ini untuk gambaran No. 4  di atas. Semuanya harus di Allow. 
Setelah semua rangkaian itu dijalankan. Jangan lupa, untuk mensave ya. Dan setelah itu coba Log in kembali. Niscaya foursqurae kita kembali lagi seperti sediakala. Bisa mengidentifikasi lokasi terbaru. Itu yang terjadi pada saya. Semoga pengalaman ini bermanfaat ya. Dan mari kita berfoursquare kembali :)

No comments:

Post a Comment