Search This Blog

Tuesday, July 12, 2011

Setelah Melahirkan

Bagaimana rasanya ya teman-teman,  kalau kita dianuegrahi Bayi kembar?
Wah, tentu saja ini sebuah anugerah, karena tidak semua orang bisa punya bayi kembar, kalau memang bibitnnya tidak ada. Hehehe...
Adalah teman kantor  saya Devi , yang baru saja dianugerahi dua bayi kembar. Sepasang lagi bayinya...laki-laki dan perempuan.... Dia melahirkan di salah satu rumah sakit, Depok, hari Selasa pagi, 5 Juli 2011. Mendapatkan bayi kembar dari Suaminya sebagai carrier....

Pertama kalinya mendapat kabar Bahwa Devi sudah melahirkan saya terkejut. Karena hari Seninnya itu, dia masih berkantor malah menitip dibelikan bubur. Tapi memang, kondisinya waktu itu terlihat ya mengkhawatirkan.... kakinya bengkak. Kandungannya gede karena mengandung bayi kembar. Hal yang paling membuat saya khawatir dan takut adalah usia kandungannya yang semakin besar tapi dia setiap hari pulang pergi dianter jemput suaminya naik Motor...

"Dev, bagiamana itu naik motor?"
"Sekarang agak susah, kalau duduk maju ke depan"

Tapi, ya memang semuanya itu kuasa Tuhan, tokh sampai akhir pun semuanya baik-baik saja.
Nah, ketika kita mendapatkan kabar bahwa Devi sudah melaihrkan, kita satu ruangan pergi Menjenguk  Devi. Itu pun disesuaikan dengan jam besuk ya dan memang menjelang waktunya istirahat.



Bayi Laki-Lakinya Devi
Ternyata dari 2 bayi kembar itu yang kondisinya lemah adalah bayi laki-laki... karena itu ditempatkan di tabung. Alhamdulilah ya, ketika saya menulis blog ini bayi laki-laki Devi sudah melewati masa kritisnya dan sudah bisa dibawa pulang...


Kami yang menjenguk Devi, ada Dodo, suaminya Devi, Mas Ris, Fenty,  Nurul...dll. yang tidak terfoto

Ada sudah 4 hari sejak menjenguk Devi lahiran, tiba-tiba hari Sabtu, ada yang Nge-PING  pada BBM saya. Sewaktu diperiksa itu dari Devi.

Devi  : PING!!!

Aku   : Ya, ada apa Dev? sudah pulang ke rumah?

Devi : Lagi kangen2nan aja, alhamdulilah sudah pulang kemaren sama kakak. Tp adek masih dirawat di rumah sakit. Belum boleh pulang.

Aku : Ya, Alhamdulilah ya, Istirahat ya Dev. Segera pulih. Biar nanti ngumpul bareng lagi bareng kami otree :) Salam buat Dodo, Mamah, Papah, dan semuanya ya.

Devi: Okey  deh, terima kasih ya

Aku : Yup, selamat istirahat ya :)

Devi : Okay, Met bermalam mingguan ya ;)

Aku : heheheheh, malam minggunya nonton DVD korea saja :p

Devi: Wah sebelum lahiran juga nonton korea aja tp skr jadi ngurus2 anak2 hehehe.Met nonton DVD Korea saja deh :)

Aku : otree Devi thanks :)

Bagiku tumben sekali Devi waktu itu BBM ..... apa mungkin ya, sayanya yang terlalu cuek,,,,, hehehehe... jarang bertanya kabar maksudnya ... tapi saya senang...

Lalu, hari ini, Selasa pagi juga Devi Nge-PING saya lagi .............

Devi : PING !!! lagi apa Sri?

Aku : lagi ngliping nih, Devi lagi apa? kangen nih. Biasanya pagi-pagi sudah ada Devi hehehe

Devi : Abis selesai ngasih susu kakak sama ade, sekarang mau mandi heheheheh. Emang siapa saja yang baru datang? Aku juga kangen sama teman2 di kantor.

Aku : heheheh sekarang sudah datang. .........(dipotong ya)........kapan mulai ngantor? 

Devi : Segeralah, aku juga sudah biasa ngantor. Di rumah dinasehatin mulu untuk istirahat, tp akunya susah gak bisa diem ada aja yang dikerjain. Btw surat izin cutiku belum masuk nih, biasanya 40 hari baru boleh jalan2 keluar kecuali berobat ke RS besok.

Aku : Heheheh  .... iya kalau begitu tunggu sampai pulih ya. 

Devi : Sip 

Aku : Gak ada masalah dengan bekas operasi?

Devi: Pulih sih sudah dari pulang RS, maksudnya sawan alias dilarang ke luar rumah sampai 40 hari kecuali mendesak  ;) kata dokternya gak ada. Hanya garis kaya perut yang tengah saja garis doang. 

Aku : Alhamdulilah kalau begitu mah ...

Devi : kalau ada apa-apa atau info lainnya di kantor kasih tau ya  dan kalau Jihan mau nanya tentang surat-surat tolong kash No HP aku saja ya .

Aku : Baiklah sip ...


Yup....begitulah percakapan saya dan Devi setelah proses persalinan...
Saya melihat Devi ingin cepat beraktivitas kembali .... kalau saya perhatikan pada masa kehamilannya itu, terlihat antusias sekali dan dia sudah sangat siap dengan semuanya.

Saya pernah mendapatkan informasi, kalau setelah masa melahirkan itu ada yang disebut Postpartum ... kalau tidak salah seperti itu ya... jadi itu adalah masa transisi kalau menurut saya, artinya masa peralihan dari being single menjadi a mother, terutama pada masa setelah melahirkan ... Selama masa tersebut ada Ibu yang sama sekali merasa asing kepada bayinya, tidak mau menyentuhnya dsb.. jadi, ada yang berhasil melewatinya dan ada juga yang gagal....Kalau menurut saya Devi sedang dalam masa itu, ada saya merasakan peralihan itu... meskipun itu sedikit.. misalnya ketika kami jenguk, Devi melontarkan bahwa dia sudah lama  tidak bisa lagi menonton Korea... Jadi, Dia sudah merasakan ada sesuatu yang berubah dan ada sesatu baru yang datang seperti memberikan ASI .... Tapi secara  general, boleh dikatakan Dia berhasil ...........

Maaf ya, kalau saya salah mengartikan postpartum, saya melihatnya dari sisi yang lain ....dengan kata lain postpartum adalah depresi setelah melahirkan ...

Saya berpikir, jadi , peran suami, orang tua, teman-teman dan keluarga besar itu sangat penting ternyata. Terutama dalam masa sesudah melahirkan...

Saya orangnya cuek, jadi yang saya harapkan nanti kalau menghadapi masa postpartum yang paling penting adalah peran dari suami yang dapat membuat saya menerima dengan ikhlas kehidupan yang baru: bahwa kita adalah seorang Ibu  dan memiliki anak serta memiliki peran dan tugas tertentu...

Kehamilan itu juga berarti bahwa rutinitas akan berhenti untuk sementara waktu dan harus sudah siap dengan hal itu.

No comments:

Post a Comment