Search This Blog

Monday, January 23, 2012

Ada Foke di Petak 9

Gong Xi Fat Coi, Selamat Tahun Baru Imlek 2012. Karenanya kita dapat cuti hehehe dan saya tentunya bisa kembali lagi Ke Petak Sembilan seperti tahun yang lalu. Perayaan imlek di Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan tentu saja masih sama. Membakar dupa, menuangkan minyak, berdoa, membakar "kertas" dan melepaskan burung. Kurang lebih seperti itu. Dan saya pun pergi ke sana seorang diri saja. Tadinya dua orang teman mau ikut. Tapi batal, karena yang satu sakit, yang satu lagi ada acara keluarga.

Ritual masih tetap sama tapi hari ini Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan menjadi spesial karena ada Gubernur DKI datang. Ya Foke Datang ke sana dengan busana dan topi khas. Coba lihat ini:

Foke Datang


Wah tidak pakai baju merah ya, sementara saya pakai baju merah hehehehe...
Nah, Foke di sana memberikan beberapa sambutan. Untuk selengkapnya apa yang dia bicarakan bisa di lihat di video jikalau sudah saya upload.

Nah, ketika saya keluar dari Vihara Dharma Bhakti itu saya menguping pembicaraan orang terkait kedatangan Foke di sana.
Ibu Anu : "Jadi Foke mencalonkan diri lagi gak untuk jadi Gubernur DKI"
Bapak Anu: " Dia khan datang ke sini untuk promosi supaya di pilih lagi".

Seperti itulah kira-kira perbincangannya.
Kita kembali lagi ke cerita. Jadi, hari ini saya tidak interview alias tanya-tanya banyak sama orang. Karena itu sudah pernah saya lakukan dulu. Coba lihat Postingan saya waktu  Liburan ke Petak 9 tahun 2011. Di sana lumayan banyak informasinya. Nah, untuk hari ini saya hanya khusus memotret evennya saja.

Saya Share beberapa fotonya ya :

berdoa

Lalu,
Menuang Minyak

Ya menuang minyak itu merupakan salah satu bagian dari ritual. Heran saya mengapa gitu harus pakai minyak goreng, sayang khan kalau terbuang. Tapi waktu saya tanya itu minya-minyaknya dikemanakan, petugas itu bilang minyak-minyak itu diolah kembali atau dibagikan ke pakir miskin.

Ada juga minyak yang berwarna
Ya, selain minyak goreng yang dituangkan ada juga minyak yang berwarna merah. Waktu saya tanya ada yang bilang itu minyak wangi ada juga yang bilang minyak goreng yang sudah diberi warna merah. Hm...

Melepas Burung



Masih sama ada ritual melepas burung. Intinya kalau mau penjelasan informasi silahkan kunjungi postingan saya liburan ke Petak 9 .... Foto_foto lengkapnya akan saya Upload di FB :)


No comments:

Post a Comment