Search This Blog

Saturday, May 14, 2011

Layanan Mobile Banking

Diambil dari bankmandiri.co.id dan telah saya crop

Ya, memang hidup akan terasa lebih simple kalau kita bisa memanfaatkan setiap inovasi baru. Saya sekarang hendak bertanya, apakah teman-teman melakukan transaksi perbankan lewat tangan ?  atau masih harus pergi ke ATM terdekat dan kalau tidak ada, teman-teman harus mencari ATM yang ada logo linknya?
Hm, hal itu selalu  saya lakukan... tapi mungkin sekarang bisa dieliminir.

Ya, hanya dengan menggunakan Mandiri Mobile Bangking (promosi nih) kita cukup melakukan segala transaksi lewat HP kita. Tapi tidak semua jenis HP bisa melakukannya. Salah satu jenis HP yang dapat melakukan Mobile Banking adalah BB alias Blackberry. Saya pun diberi tahu teman caranya.
Tadinya saya hendak menggunakan layanan SMS banking tapi teman saya katakan itu tidak praktis masih manual. Dia lalu menyarankan saya untuk mendownload aplikasi Mandiri Mobile.

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan cara mengetik Reg (spasi) mobile kirim ke 3355.
Setelah itu akan ada sms balasan yang isinya berupa link. Kemudian kita klik link tersebut dan nanti akan mendonwload aplikasi mobile banking. Setelah berhasil nanti akan ada tampilan seperti dapat dilihat pada gambar Blackberry di atas. Kita nanti registrasi dan mensetup No PIN.
PIN ini nanti akan ditanyakan setiap kali kita akan masuk ke dalam layanan M banking. Setelah berhasil log in nanti kita dapat melihat bebeapa fitur. Seperti :
  1. Favoritku 
  2. Informasi rekening
  3. Transfer : ada tiga jenis yaitu: Transfer ke rekening mandiri, transfer antar bank-Kliring dan transfer antar Bank -RTGS
  4. Pembelian : Isi Ulang CDMA, dan Isi Ulang GSM (kita bisa memilih operator sesuai dengan yang kita butuhkan)
  5. Pembayaran : peruntukkannya banyak, antara lain: ada Telepon dan CDMA, GSM, Internet, TV Kabel, Listrik, Kartu Kredit, Pajak, Angssuran, Asuransi, Pendidikan, Kereta Api, Tour dan Travel, PAM, dll.   
  6. Admin
Seperti itulah kira-kira fitur yang dapat dipergunakan. Dan saya pun telah membuktikannya bahwa Mobile banking sangat membuat segalanya ringan. Saya malam ini berhasil membeli pulsa lewat Mobile banking. Kalau menggunakan Mandiri minimal harga pulsa yang dapat dibeli adalah Rp. 25000,-

setelah selesai melakukan transaksi nanti akan ada pemberitahuan dari INDOSAT bahwa kita telah berhasil melakukan pembelian pulsa seharga anu .....

Oh ya, Setiap kali kita akan melakukan transaksi kita akan diminta lagi no PIN. No PIN ini berbeda dari PIN Log in. kita mendapatkannya dari petugas bank dan telah kita ubah lagi.
Dengan adanya Mobile banking ini tentu memudahkan kita. Saya pernah ada kejadian ketika itu pulsa habis dan saya sangat membutuhkannya. Alhasil, saya keluar kosan  dulu untuk membeli pulsa, padahal di luar sedang hujan. Dengan adanya Mobile ini, kita bisa melakukan pembelian pulsa kapan saja.

Seberapa besar biaya administrasinya? saya kurang tahu.... hal itu... tapi dengan adanya M mobile banking, saya terbantu sekali. Malam ini certitanya sedang berdiskusi dengan adek perihal masuk Ke Perguruan Tinggi. Tiba-tiba komunikasi terputus karena habis pulsanya..... tapi dengan Mobile banking ini, kita bisa mengatasinya.

Note: yang harus teman-teman perhatikan dalam melakukan transaksi meluli Mobile banking adalah sinyal. Sinyal yang bagus membuat transaksi lancar ya :)

No comments:

Post a Comment