Search This Blog

Friday, June 3, 2011

Kue Subuh Blok M

Ya, dikarenakan hari ini masih libur dan tidak ngapain-ngapain...hmmm tidak kok siang ini saya les, hehehe... Baiklah mari kita balik lagi ke cerita inti. 
Ya,  pagi ini sesuai dengan rencana yang dibuat sejak kemarin, saya ingin sekali pergi ke Pasar Kue Subuh BLOK M. Akhirnya keinginan saya kesampaian juga. 

Kue Subuh Blok M, Sudah buka semenjak pagi :)
Jam 6 am saya pergi ke Blok M. Jaraknya yang dekat dari kosan inilah yang membuat saya pergi sepagi itu.
Sesampainya di Blok M Square saya perhatikan memang ramai. Masuk lebih dalam lagi ada aneka ragam penganan... coba perhatikan gambar berikut ini.

Dijual aneka penganan ada sus, pastel, keroket, lemper, agar, dlll

Yup, saya perhatikan beberapa penganan dari satu penjual ke penjual yang lainnya kok sama. Heran saya. Lalu perkara ini saya tanyakan kepada seorang penjual.

"Ibu dari mana ambil kue-kue ini", tanyaku
"Oh, kita mengambilnya dari Senen, tapi ada beberapa yang dibuat di sini", jawab seorang penjual.

Yup, penganan yang dibuat di tempat jualan berupa pastel dan gorengan,  dll...
Dan selain penganan ada juga yang jualan lauk untuk makan. Seperti goreng ayam keremes (digoreng ditempat) dan krecek....Kebanyakan memang Makanan Jawa. Lagi-lagi Orang jawa ini memang pandai berdagang dan merantau.

Kerecek, ayam goreng keremes, dan gudeg

Untuk gudek dan kerecek kita bisa membeli @Rp. 5000,- saya tahu harganya karena saya perhatikan seorang ibu membelinya.

Oh ya, kata si penjual yang saya tanya Kue Subuh Blok M ini sudah ada sejak lama. 10 tahun ada.

"Kue subuh ini sudah ada sejak anak saya kecil sampai dewasa", tutur Ibu penjual.

Nah, Ternyata untuk jualan Kue subuh ini setiap pedagang akan ditarik tarif sebesar Rp., 20.000,- oleh petugas... Uang ini termasuk sewa meja yang disediakan pihak terkait.

"Kami menyediakan sebanyak 261 meja", kata petugas.

Satu meja biasanya berlaku untuk 3-4 orang....
Dan biasanya pembeli yang membeli grosiran atau banyak akan mendapatkan potongan harga. Misalnya, sebuah lemper dijual Rp. 1000,- tapi kalau kita ingin membeli dalam jumlah besar maka harga satuannya menjadi Rp. 600,-

Melihat penganan yang begitu banyak saya menjadi giung...niat awal saya kahn untuk melihat-lihat, jadi saya tidak membeli banyak. Hanya membeli 2 buah lemper, 2 buah agar dan gorengan. Saya beli gorengan karena dibuat di tempat dan saya bisa melihat langsung komposisinya hehehe...


Goreng tahu dan martabak asin
Yup, saya beli  2 martabak dan 2 goreng tahu semuanya Rp. 5000,- ukurannya pun besar.  Jadi tidak rugi, karena mengenyangkan. Beda dengan gorengan yang dijual di gerobak..

Martabak dan Goreng Tahu  (4, Rp. 5000)

Ada yang jualan cake ulang tahun juga lho.

Cake Ulang Tahun


Tentu ada juga nasi uduk dan bubur...lengkap pokoknya....
Jadi, kalau anda mencari penganan, coba pergi ke Kue Subuh Blok M. Tapi jangan terlalu siang ya. Mereka bisa saja sudah tutup. Kalau mau pergi ke sana jangan lupa, untuk langsung menuju pintu Zamrud 1-3. Karena Kue Subuh adanyan di sekitar pelataran itu.
















No comments:

Post a Comment