Search This Blog

Tuesday, January 4, 2011

Sepeda Kehujanan Jadi Berkarat dan Macet

Baru saya tahu apabila sepeda itu kehujanan akan berkarat terutama dibagian rantainya dan gemboknya juga akan macet (tentu saja kalau sepedanya digembok alias dikunci gembok). Kenapa bisa seperti itu ya? maksudnya secepat itu?? Yang saya tahu kalau pisau sehabis kita cuci suka berkarat. Itu berlaku untuk  pisau yang bahannya bukan dari stainless steel kalau yang dari stainless steel biasanya bisa tahan karat tapi tidak menjadi jaminan karena yang stainless steel juga terkadang berkarat. Kalau untuk pisau,  My Grandma dulu katakan salah satu cara agar tidak berkarat adalah dengan memberinya minyak goreng. Ya, jadi minyak goreng itu diolesi ke pisaunya sehabis kita cuci, lalu  disimpan. Semuanya tergantung dari keapikan kita menjaga barang. Balik lagi menyoal sepeda.


Sepeda yang saya maksudkan di sini memang bukan sepeda milik saya. Tapi milik seorang teman. Teman saya itu hampir menyerah membuka gemboknya yang macet. Berhubung waktu itu dia bersama saya dan saya memang pantang menyerah xixixixxi,  lalu, saya sarankan pakai minyak goreng atau lotion untuk membuka gembok yang macet itu.  Dan kebetulan dia membawa lotion akhirnya percobaan pun dimulai. Dan butuh beberapa menit untuk membuka  gembok tersebut hingga bisa terbuka. Tidak lama kemudian akhirnya gembok pun bisa dibuka. Sebenarnya teman saya itu memarkir sepedanya sudah dalam posisi yang bagus artinya tertutup dari atas tapi berhubung posisi sepedanya paling pinggir jadi ketika hujan turun kemarin siang sewaktu di kantor, kenalah percikan air hujan.

Sepeda yang tadinya dalam kondisi bagus itu seketika jadi  sedikit drop kondisinya karena kehujanan. Padahal pas beli dengan harga diatas satu juta itu sangat bagus ....hehehehhe....."yaiyalah khan sering dipakai juga"....  Oh ya, seseorang menyarankan teman saya untuk memberi minyak tanah pada rantai yang berkarat......sepertinya sih untuk menghilangkan karat. Jadi, kalau kita punya sepeda jangan sampai kehujanan. Nanti bisa berkarat dan gemboknya bisa macet.

Berbicara soal sepeda saya juga ingin punya sebenarnya biar nanti hari Sabtu dan Minggu bisa berfunbike di sepanjang jalan Sudirman yang suka diberlakukan bebas kendaraan. Tapi, memang saat ini belum diniatkan untuk datang ke tokonya dan membayar atas sejumlah uang ...............
Jadi, kapankah saya akan datang ke toko dan membawa pulang sepeda ya??? Nanti deh kita lihat..

1 comment:

  1. MKSH infoxa. . . .

    kunjungi juga. . . .
    www.afifjepara.blogspot.com
    www.veracollection.blogspot.com

    ReplyDelete