Search This Blog

Tuesday, January 11, 2011

Souvenir dari Indonesia

Yup, ceritanya hari Senin sore kemarin sebelum pulang ke kosan saya mampir dulu ke Blok M Square untuk membeli minuman, dipintu masuk yang saya lewati ada stand kecil yang mendisplay beberapa souvenir khas Indonesia, mata saya langsung tertuju pada gantungan kunci. Sebenarnya stand itu sudah beberapa kali saya lewati dan memang kalau melewati stand itu pastinya saya tertarik untuk menengok dulu souvenir-souvenir yang didisplay.
Wah saya takjub, gantungan kunci yang didisplay di Blok M Square itu sangat menarik juga. Bahkan bisa menyamai souvenir gantungan kunci yang berasal dari Singupura. Tapi siapa tahu, Souvenir gantungan kunci yang dijual di Singapura itu ternyata hasil dari kreasi orang-orang Indonesia yang dijual ke Singapura. Karena seperti yang kita ketahui banyak produk Indonesia yang "dijual" sebagai produk luar. Lalu Orang Indonesia membelinya di luar dan dibawa ketanah air lagi, padahal produk tersebut aslinya Made In Indonesia hehehehe....Sebagai perbandingan saya akan memperlihatkan kepada anda souvenir gantungan kunci yang saya dapat dari oleh-oleh Singapura:


gantungan kunci khas Singapura
 Yup, tak lain lagi kalau orang pergi ke Singapura, salah satu oleh-oleh yang akan dibeli adalah gantungan kunci Merlion, yang merupkana ciri khas Singapura. Saya sudah ada kira-kira dua kali diberi oleh-oleh berupa gantungan kunci merlion. Tapi ya kalau dilihat dari ragamnya memang sangat menarik ya. Saya lihat ketika paman pulang dari Negeri itu membawa gantungan kunci merlion dengan jenisnya yang beraneka ragam, ada yang diberi warna emas, saya tidak tahu apa itu emas sungguhan atau hanya sepuhan saja. Tapi kalau itu memang emas beneran, sungguh kreatif sekali ya para pengrajinnya. Dan tentu saja harganya semakin mahal sepadan dengan kualitas barangnya.

Bagaimana dengan souvenir Indonesia???
Lihatlah beberapa contoh souvenir yang saya temukan di Blok M Square.



Gantungan kunci berupa miniatur candi borobudur, ada juga gunting kuku



Ada gantungan kunci rumah adat minang


Ada souvenir berupa pembuka tutup botol berbentuk Monas

Ada souvenir yang seperti ini, menarik bukan???

Ada juga souvenir seperti ini


Bagi saya melihat ada souvenir seperti itu ajaib, karena selama window shopping, jarang menemukan itu, barulah saya mendapati souvenir yang menarik itu di Blok M Square untuk pertama kalinya dan kemudian di hotel juga dulu pernah saya lihat, dibagian shopnya. Oh ya, di tempat wisata aslinya pun seperti  di Monas tidak saya temukan souvenir yang seperti itu, paling juga souvenir yang berbahan dasar dari kayu yang mudah rapuh tentunya dengan harga yang sesuai dengan kualitasnya.

Ya, Sesungguh-sungguhnya, Indonesia tak kalah kalau saja orang-orangnya bisa melihat peluang bisnis. Bukannya orang-orang Indonesia itu hebat, apalagi bumi kita kaya akan sumber bahan baku. Begini ya, kalau Singapura memilki Patung merlion, nah kalau Indonesia? Sungguh Banyak...Coba saja untuk di Ibu kota ada berapa patung yang anda tahu?? saya tidak tahu persisnya tapi salah satunya patung yang dibangun di kawasan bunderan HI, yaitu patung selamat datang merupakan salah satu patung yang bisa dijadikan ide untuk souvenir. Belum lagi, kalau ditambah dengan peninggalan bersejarah lainnya dan juga salah satu peninggalan nenek moyang yang merupakan world heritage site, belum lagi kalau kita mau mengeksplore keunikan dari setiap wilayah Indonesia.  Wah, tentunya souvenir-souvenir itu bisa mendatangkan devisa yang banyak. Karena perhitungannya setiap turis yang berwisata ke Indonesia membeli salah satu souvenir tersebut.

Jadi, bagi anda yang berjiwa entrepreneur, membuat souvenir bisa dijadikan ladang usaha, tentu dengan menonjolkan ciri khas anda, buatlah dengan sekreatif mungkin dengan menggunakan bahan baku yang berasal dari dalam tanah kita yang kaya ini, emas, perak, perunggu, dsb.....

1 comment:

  1. Kami juga punya souvenir seperti itu...terima kasih www.souvenirofindonesia.com

    ReplyDelete